Tipologi Tingkat Kepatuhan dan Pemahaman Wajib Pajak pada Pajak Pertambahan Nilai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan.

Nugroho, LilikCahyo (2011) Tipologi Tingkat Kepatuhan dan Pemahaman Wajib Pajak pada Pajak Pertambahan Nilai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan adanya tingkat kepatuhan dan pemahaman yang dapat menyebabkan penerimaan pajak tidak optimal sehingga sangat dimungkinkan agar pihak Direktorat Jenderal Pajak untuk melakukan penanganan yang lebih maksimal dalam memberikan pemahaman kepada Wajib Pajak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tipologi tingkat kepatuhan dan pemahaman Wajib Pajak Pajak Pertambahan Nilai yang termasuk sebagai Pengusaha Kena Pajak di KPP Pratama Malang Selatan. Sampel penelitian ini adalah Wajib Pajak PPN khususnya Pengusaha Kena Pajak yang menyampaikan SPT Masa secara langsung di KPP Pratama Malang Selatan. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa peraturan perpajakan, pelayanan kantor pajak, dan sanksi pajak secara bersama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak adalah variabel pelayanan dari petugas kantor pajak, yang kemudian disusul oleh variabel peraturan perpajakan dan sanksi pajak.

English Abstract

With the level of compliance and understanding that can lead to tax revenue is not optimal, so it is possible for the Directorate General of Taxation to make handling more leverage in providing an understanding to taxpayers. The purpose of this study is to describe the typology of the level of compliance and understanding of Value Added Tax (VAT) taxpayers are included as a Taxable Person in South Malang Small Taxpayer Office (STO). Samples are VAT taxpayers, especially the Taxable Period that have submitted returns immediately in South Malang STO. The study provides evidence that the tax laws, tax office services, and tax penalties are collectively significant effect on taxpayer compliance. While the variables that most influence the level of taxpayer compliance is variable service from the tax office workers, which is then followed by variables tax laws and tax penalties.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/790/051205615
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2013 10:08
Last Modified: 19 Oct 2021 12:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105852
[thumbnail of LiLo_kata_pengantar.pdf] Text
LiLo_kata_pengantar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi_Akuntansi_Lilik_Cahyo_Nugroho_2011.pdf] Text
Skripsi_Akuntansi_Lilik_Cahyo_Nugroho_2011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of SURAT_PERNYATAAN_dan_abstraksi_plus_dftr_pustaka.pdf] Text
SURAT_PERNYATAAN_dan_abstraksi_plus_dftr_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of judul.pdf] Text
judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_ISIne_LiLo.pdf] Text
DAFTAR_ISIne_LiLo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item