Febrianto, Muchlisar (2011) Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Trust Dalam Transaksi Business to Customer di Sistem E- Commerce (Studi Pada Toko Online yang Terdapat Dalam Situs Forum dan Jejaring Sosial). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris apakah s tructural assurance (keamanan jaringan), situational normality (situasi normal) , perceived reputation (persepsi reputasi), perceived size (persepsi ukuran) , online transaction self efficacy (keyakinan sendiri-transaksi online ) dan perceived ease of use (persepsi kemudahan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap trust (Kepercayaan) konsumen dalam melakukan transaksi business to customer di sistem e-commerce . Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel pengguna internet di indonesia yang sering mengakses situs e-commerce dan/atau pernah bertransaksi di situs e-commerce dengan electronic mail survey (EMS). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 responden. Peneliti menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji data penelitian dengan menggunakan software SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel structural assurance (keamanan jaringan), situational normality (situasi normal) , perceived reputation (persepsi reputasi), perceived size (persepsi ukuran) , online transaction self efficacy (keyakinan sendiri-transaksi online ) dan perceived ease of use (persepsi kemudahan) berpengaruh terhadap trust (kepercayaan) konsumen dalam transaksi B2C di sistem ecommerce . Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel structural assurance (keamanan jaringan), situational normality (situasi normal) , perceived reputation (persepsi reputasi), perceived size (persepsi ukuran) , dan online transaction self efficacy (keyakinan sendiri-transaksi online ) tidak berpengaruh signifikan terhadap trust (kepercayaan) konsumen dalam transaksi B2C di sistem ecommerce , dan variabel perceived ease of use (persepsi kemudahan) berpengaruh signifikan terhadap sistem ecommerce. Dengan demikian, variabel perceived ease of use (persepsi kemudahan) merupakan variabel yang sangat penting dalam mempengaruhi trust (kepercayaan) konsumen ecommerce di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/787/051205613 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 07 Jan 2013 14:28 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105848 |
![]() |
Text
051205613.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |