Peranan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Program Studi S-1 Jurusan Akuntansi FEB-UB

Hermawan, BugarYogi (2011) Peranan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Program Studi S-1 Jurusan Akuntansi FEB-UB. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi terhadap pembentukan karakter mahasiswa program studi S-1 Jurusan Akuntansi dengan fokus karakter Interpersonal skill, Intelektual, Communication Skill , untuk mengevaluasi peran Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan kedepan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diambil dengan melakukan wawancara serta melakukan observasi , studi lapangan, mengumpulkan data yang berkaitan dengan pembentukan karakter mahasiswa program studi S-1 Jurusan Akuntansi FEB-UB. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 60% mahasiswa program studi S-1 Jurusan Akuntansi mengatakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi signifikan dalam proses pembentukan karakter, proses pembentukan karakter Interpersonal skill dengan dibuktikan adanya program kerja Interaksi, kepengurusan, serta kepanitiaan. Intelektual dengan dibuktikan adanya program kerja Brawijaya Accounting Fair, diskusi cerdas, LKTIP serta Kepengurusan. Sedangkan Communication skill dibuktikan dengan pengadaan program kerja yang bisa di ikuti mahasiswa, berdiskusi serta kepengurusan. Serta Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi memiliki keterkaitan dengan terhadap Jurusan Akuntansi dalam hal membantu dalam pembentukan karakter mahasiswa JAFEB-UB. Karena keberadaan HMJA membantu terwujudnya visi dan misi dari JAFEB-UB. HMJA juga memiliki kekurangan dalam pembentukan karakter mahasiswa program studi S-1 Jurusan Akuntansi antara lain bahwa sosialisasi kegiatan/kepanitiaan HMJA, Terlalu berfokus kepada pembentukan karakter pengurus sehingga kurang meratanya pembentukan karakter terhadap mahasiswa program studi S-1 Jurusan Akuntansi, kurangnya kordinasi dan konsolidasi dengan pihak Jurusan Akuntansi FEB-UB dalam pembentukan karakter mahasiswa dan mengadakan pelatihan yang berhubungan dengan pembentukan karakter mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/757/051200597
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Apr 2012 10:49
Last Modified: 19 Oct 2021 11:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105824
[thumbnail of 051200597.pdf]
Preview
Text
051200597.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item