Legal, Faisal (2011) Pengaruh Brand Community Affect dan Brand Community Trust Terhadap Brand Community Commitment Pada Pengguna Smartphone BlackBerry Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunitas merupakan individu-individu yang di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, dan kebutuhan yang serupa. Demikian juga dengan komunitas BlackBerry, mereka memiliki kesamaan maksud dan tujuan untuk menggunakan merek yang sama dalam suatu komunitas ( brand community ). Brand community adalah kumpulan dari orang-orang yang memiliki interest (perhatian) kepada sebuah brand (McAlexander, 2002). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand community affect dan brand community trust terhadap brand community commitment pada pengguna smartphone Blackbery Di Kota Malang, baik secara simultan maupun secara parsial. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 100 responden dari pengguna BlackBerry yang mengikuti suatu komunitas dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F , uji t dan uji dominan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel brand community affect dan brand community trust secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand community commitment pada pengguna smartphone BlackBerry Di Kota Malang. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel brand community affect dan brand community trust secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand community commitment pada pengguna smartphone BlackBerry Di Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/751/051200591 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 26 Apr 2012 11:15 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105818 |
Text
051200591.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |