Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi e-SPT, e-Filing dan e-Registration Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara).

Salim, Dhanang (2011) Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi e-SPT, e-Filing dan e-Registration Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial Sistem Eletronik Perpajakan dilingkungan KPP Malang Utara yang terdiri dari e-SPT, e-Filing dan e-Registration terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Selanjutnya untuk mengetahui dari ketiga variabel elektronik sistem perpajakan yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory. Penelitian ini mengambil Lokasi di KPP Malang Utara dan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara dan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data dari jawaban responden dianalisis menggunakan analisis berganda, Uji-T, Uji-F dan interpretasi koefisien R 2 . Hasil analisis menunjukan bahwa data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan didukung dengan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 6.357 + 0.278 E-SPT + 0.147 E-Filing + 0.281 E-Registration , dari hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara, e-SPT, e-Filing dan e-Registration terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa dari ketiga variabel yang paling berpengaruh secara dominan adalah variable e-Registration terhadap kepatuhan wajib pajak. Ketiga variabel elektronik sistem perpajakan mempengaruhi kepatuhan sebesar 0.723 yang berarti sebesar 72.3% variasi perubahan tingkat kepatuhan wajib pajak di lingkungan KPP Malang Utara dapat dijelaskan/dipengaruhi oleh e-SPT, e-Filing dan e-Registration, sedangkan sisanya sebesar 27.7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model estimasi..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/713/ 051105334
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2011 11:38
Last Modified: 28 Dec 2011 11:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105779
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item