Pidjath, DoniFirdana (2011) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Membeli Produk Telkom Flexi Dahsyat (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengaruh Globalisasi saat ini membawa dampak yang sangat besar terhadap persaingan dunia bisnis yang semakin ketat, terutama pada pemasaran dan produk yang dihasilkan. Daya tarik suatu produk tidak dapat dilepaskan dari kualitas produk yang ada, karena kualitas produk merupakan salah satu dari wujud nyata suatu produk. Kualitas produk dapat menjadi pendorong bagi konsumen untuk membeli, karena tidak jarang keputusan untuk membeli suatu produk terjadi karena pengaruh kualitas produk yang ada pada produk tersebut. kualitas produk merupakan alat yang cukup efektif dalam mempengaruhi konsumen, melalui kualitas produk dapat merangsang konsumen untuk melakukan pembelian produk dan memakai produk tersebut secara berulang-ulang. Oleh karena itu kualitas produk sebaiknya tetap jadi perhatian karena kualitas produk dapat menimbulkan pengaruh konsumen untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk yang meliputi kinerja produk, keistimewaan produk, daya tahan produk, dan kualitas yang dirasakan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk Telkom Flexi Dahsyat. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya Malang . Sampel dari penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 96 orang. Data diperoleh melalui responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner tertutup dan diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kinerja produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Produk Telkom Flexi Dahsyat, dengan nilai β1 = 0,440; (2) Keistimewaan produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Produk Telkom Flexi Dahsyat, dengan nilai β2 = 0,183; (3) Daya tahan produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Produk Telkom Flexi Dahsyat, dengan nilai β3 = 0 ;199 (4) Kualitas yang dirasakan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Produk Telkom Flexi Dahsyat, dengan nilai β4 = 0,204; Secara simultan variabel kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk, keistimewaan produk, daya tahan produk, dan kualitas yang dirasakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Produk Telkom Fleksi Dahsyat, dengan nilai F hitung = 48,238 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,680. Dari keempat variabel tersebut, kinerja produk merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Produk Telkom Flexi Dahsyat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/641/ 051104815 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 11 Jan 2012 11:14 |
Last Modified: | 11 Jan 2012 11:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105702 |
Actions (login required)
View Item |