Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Pasuruan

Fatimah, Abidatul (2011) Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmenganalisispengaruh yang signifikanmotivasiterhadapprestasi kerjakaryawan . Penelitianinididesainsebagaipenelitianeksplanatori-asosiatif yang dianalisissecarakuantitatif.Populasidalampeneltianiniadalahseluruhkaryawan PDAM Kota Pasuruan yang berjumlah 126 karyawan yang tersebardalam 8 (delapan) departemen / bagian.Pengambilansampeldilakukandenganmetode sampling random yang diambildarimasingmasingdepartemensecaraproporsionalsehinggamencapaijumlah 56 orang. Hipotesispenelitian yang diujiada3 (tiga) yakni: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi yang terdiri dari motif, harapan, dan insentif yang secara simultan terhadap prestasi kerja karyawan.; (2) Terdapat pengaruh secara parsial variabel motivasi yang terdiri dari motif, harapan, dan insentif mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan; dan (3) Diantara ketiga variabel motivasi, variabel insentif berpengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan. Untukpengujianhipotesisdigunakanuji F danuji t. - Hasilpeneltiandianalisismenggunakanregresibergandadenganmempertimbangkana sumsiklasikyakni:non-multikolinieritas; Homoskedastisitas; linieritasdannormalitas; agar diketahuiapakahvariabelterikatdipengaruhisecarasignifikan oleh variabelbebassehinggamampudibuatgeneralisasi. Penelitian kuantitatif ini memberikan gambaran tentang Motivasi yang diberikan secara umum dalam kondisi yang cukup bagus, untuk itu agar kondisi ini dipertahankan dan jika dimungkinkan ditingkatkan sehingga pengaruh terhadap prestasi kerja untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dapat ditingkatkan, tentunya hal ini akan berimplikasi terhadap tecapainya Visi, Misi dan Tujuan PDAM Kota Pasuruan. Keterbatasanpeneltianiniadalah : (1) sampel yang ditarikterbatashanyapadasatulembaga; (2) pengukurandenganmenggunakanskaladapatmenghasilkandefisiensiskorsehinggabe rakibatkurangobyektifnyapenilaian, (3) keterbatasanwaktupengisiankuesionersehinggadimungkinkanmenghasilkaninterpr etasiresponden yang bias, (4) keterbatasanpenelitidalammengontrolsetiapresponden, (5) skalapengukuranvariabelrelatifkecilsehinggavaliditasnyadimungkinkantidakmaksi mal; dan (6) masih dimungkinkan terdapat variabel lain yang penting seperti budaya perusahaan yang sangatmungkinmempengaruhikinerjakaryawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/640/ 051104814
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2011 11:06
Last Modified: 28 Dec 2011 11:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105701
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item