Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Perdagangan Bilateral ASEAN-8 dan Mitra Dagangnya: Sebuah Aplikasi Model Gravitasi.

Allo, HerdaLidyaLondong (2011) Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Perdagangan Bilateral ASEAN-8 dan Mitra Dagangnya: Sebuah Aplikasi Model Gravitasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan perserikatan negara-negara Asia Tenggara yang dibentuk dengan salah satu tujuannya adalah, kemajuan sosial menyatukan negara-negara anggota melalui usaha bersama dalam memajukan kerjasama ekonomi dam mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara di kawasan Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel Nilai Tukar Riil (Real Exchange Rates), Gross Domestic Product (GDP), total populasi penduduk, indeks keterbukaan, jarak antar negara importir dan eksportir dan dummy kesamaan negara penjajah antar negara anggota ASEAN serta negara mitra dagang (Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Jepang) terhadap perdagangan bilateral antar negara anggota ASEAN dan mitra dagangnya. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi data panel untuk dapat diketahui pengaruh yang terjadi antar variabel-variabel bebas dan terikatnya. Dari hasil regresi data panel diketahui bahwa variabel Nilai Tukar Riil negara importir dan eksportir, GDP negara importir dan eksportir, indeks keterbukaan negara importir dan eksportir, total populasi negara importir dan eksportir dan dummy kesamaan negara penjajah negara importir dan eksportir memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perdagangan bilateral di ASEAN. Sementara itu, variabel jarak antar negara importir dan eksportir menunjukkan pengaruh negatif terhadap perdagangan bilateral di ASEAN. Dalam penelitian ini menggunakan nilai tukar negara importir terhadap nilai tukar negara eksportir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/625/ 051104764
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Dec 2011 15:31
Last Modified: 29 Dec 2011 15:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105684
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item