Analisis Pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR), Return on Equity (ROE) dan Debt Ratio Terhadap Price Earning Ratio (PER) (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan Sektor Industri Manufaktur yang Terdaftar di B

Susanti, ReniDwi (2011) Analisis Pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR), Return on Equity (ROE) dan Debt Ratio Terhadap Price Earning Ratio (PER) (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan Sektor Industri Manufaktur yang Terdaftar di B. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, para investor perlu melakukan penilaian saham suatu perusahaan. Untuk melakukan analisis dan memilih saham tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan analisis fundamental. Dalam analisis fundamental, model penilaian saham yang paling populer digunakan oleh para analis adalah pendekatan Price Earning Ratio (PER). Pendekatan Price Earning Ratio (PER) menunjukkan perbandingan antara harga saham terhadap earning perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Dividend Payout Ratio (X1), Return on Equity (X2) dan Debt Ratio (X3) terhadap Price Earning Ratio (Y), serta variabel yang berpengaruh dominan terhadap Price Earning Ratio (Y) pada perusahaan-perusahaan sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory (penjelasan) dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006- 2008, sedangkan teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode purposive sampling , yang kemudian dari kriteria-kriteria yang ditetapkan terpilih 31 perusahaan sebagai sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik Regresi Linier Bergandadengan memperhatikan asumsi klasik agar diperoleh hasil yang BLUE ( Best Linier Unbiased Estimation ). Dalam menganalisis, digunakan program SPSS 13.00 for windows. Pengujian ini dilakukan dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Dividend Payout Ratio (X1) dan Debt Ratio (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio (Y), sedangkan Return on Equity (X2 (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio (Y), kemudian Dividend Payout Ratio (X1) merupakan variabel dominan yang mempengaruhi Price Earning Ratio (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/615/ 051104545
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2012 10:09
Last Modified: 03 Jan 2012 10:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105674
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item