Utomo, MayestichaFitri (2011) Upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sidoarjo dari pajak reklame (Studi Kasus Pada Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sejak digulirkannya otonomi daerah pada 1 Januari 2001, secara tidak langsung menuntut masing-masing daerah yang otonom untuk lebih kreatif dan inovatif dalam segala bidang. Sejalan dengan kewenangan tersebut, pemerintah daerah diharapkan lebih mampu menggali sumber-sumber keuangan khususnya untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan melalui Pendapatan Asli Daerah. Salah satu sumber pendapatan asli daerah yaitu pajak reklame. Namun pada kenyataannya pajak reklame masih kurang memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah, sehingga perlu adanya cara ekstensifikasi dan intensifikasi untuk memaksimalkannya. Berdasarkan dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalah yang diambil adalah bagaimana realisasi penerimaan pajak reklame di Kabupaten Sidoarjo, dan bagaimana ekstensifikasi dan intensifikasi dapat mempengaruhi meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menjelaskan dan menggambarkan realisasi penerimaan pajak reklame di Kabupaten Sidoarjo, serta menjelasjkan upaya Ekstensifikasi dan Intensifikasi pemungutan pajak reklame oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Simpulan dari penelitian ini adalah kontribusi dari pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sidoarjo dari tahun 2007 – 2009 mengalami naik turun, meskipun naik turun tetapi kontribusi pajak reklame di Kabupaten Sidoarjo tidak kurang dari 1.00%. Pada tahun 2007 pajak reklame memberikan kontribusi sebesar 1.90% yang kemudian mengalami sedikit peningkatan pada tahun 2008 menjadi 2.17%. Namun pada tahun 2009 mengalami penurunan menjadi 1.48%. Maka dari tahun 2007 – 2009 pajak reklame memberikan kontribusi sebesar 1.85%. Sehingga kurang optimal karena naik turun dan karena PAD terbentuk bukan dari pajak reklame saja akan tetapi masih banyak komponen-komponen lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/613/ 051104536 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Jan 2012 14:53 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 14:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |