Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pengrajin Industri Kecil di Sentra Kerajinan Manik-Manik (Studi Kasus: Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang).

Wirawan, Niko (2011) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pengrajin Industri Kecil di Sentra Kerajinan Manik-Manik (Studi Kasus: Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi pendapatan pengrajin pada industri kecil manik-manik di Desa Plumbon Gambang dan seberapa besar pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap pendapatan pengrajin. Diduga bahwa variabel yang mempengaruhi pendapatan pengrajin adalah modal, tenaga kerja, jam kerja, dan lama berusaha. Metode yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Untuk perhitungannya dibantu software SPSS. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer. Data primer diperoleh dari hasil pengisian kuisioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non sample random sampling dimana semua pengrajin dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Sampel diambil sebanyak 31 orang pengrajin. Hasil penelitian utama yang telah diketahui adalah bahwa dari keempat variabel yang dipilih tiga diantaranya berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pengrajin pada tingkat kepercayaan 95,7% yaitu sebesar 0,806 untuk modal, 0,290 untuk tenaga kerja, dan 173852,9 untuk lama berusaha. Sedangkan lama kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pengrajin dikarenakan produksi manic-manik dilakukan secara borongan, dengan koefisien regresi sebesar 5164,739. Selain itu dari uji parameter ditemukan bahwa persamaan regresi ini tidak mengalami gejala multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas serta faktor residual didistribusikan secara normal, maka asumsi regresi linear klasik sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/598/ 051104346
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Oct 2011 15:06
Last Modified: 04 Oct 2011 15:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105654
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item