Jauhari, AbdulRohman (2011) Analisis Kelompok Referensi (Reference Group) dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Buying Decision) Motor Merek Yamaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kelompok referensi ( reference group ) terhadap keputusan pembelian ( buying decission ) motor merek Yamaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Persaingan produsen motor yang semakin ketat dan adanya fenomena klub motor membuat produsen perlu mengetahui perilaku konsumen terkait dengan pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembeliannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas kelompok referensi (X) yang terdiri dari kelompok referensi terhubung (X 1 ) dan kelompok referensi tidak langsung (X 2 ) terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian motor Yamaha. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok referensi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial kelompok referensi terhubung (X 1 ) dan kelompok referensi tidak langsung (X 2 ) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Dari hasil penelitian juga diketahui kelompok referensi yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor merek Yamaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/574/ 051104138 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Jan 2012 15:48 |
Last Modified: | 13 Jan 2012 15:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105629 |
Actions (login required)
View Item |