Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan menggunakan pendekatan model Fischer (KPP Malang Selatan)

WahyuDewiPurbosari (2011) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan menggunakan pendekatan model Fischer (KPP Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepatuhan Wajib Pajak adalah salah satu unsur penting dalam meningkatkan penerimaan pajak tetapi kepatuhan Wajib Pajak di Indonesia belum bisa dikatakan baik. Masih banyak Wajib Pajak menganggap pajak adalah sebuah beban dan berusaha untuk menghindarinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor peluang ketidakpatuhan, sikap dan persepsi, sistem/struktur pajak berpengaruh terhadap perilaku kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Malang Selatan dengan menggunakan pendekatan model Fischer. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan bersifat penelitian penjelasan ( explanatory research ). Penelitian ini juga menggunakan metode survei untuk memperoleh data primer melalui penyebaran kuesioner. Peneliti dapat mengumpulkan 100 kuesioner. Dari langkah tersebut kemudian dilakukan analisis untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Variabel-variabel yang diteliti diukur melalui anggapan responden menggunakan skala likert. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pembahasan dan perhitungan maka diperoleh persamaan regresi Y = 2.761 – 0.229 X 1 + 0.512X 2 + 0.178X 3 . Berdasarkan besarnya koefisien regresi menunjukkan bahwa koefisien X 2 sebesar 0.512 adalah lebih besar dibandingkan dengan koefisien X 1 dan X 3 yaitu sebesar -0.229 dan 0.178 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel X 2 berpengaruh dominan terhadap variabel Y. Dengan adanya masalah yang berhubungan dengan perilaku kepatuhan wajib pajak maka diperlukan upaya untuk meningkatkan sikap dan persepsi wajib pajak dengan penyuluhan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya membayar pajak, perlu memperbaiki sistem/struktur pajak melalui penataan sistem administrasi pajak yang lebih baik dan perlunya pembenahan peraturan yang tegas mengenai sanksi bagi wajib pajak yang melanggar dengan sengaja dengan tujuan mengurangi upaya penghindaran pajak dan meningkatkan perilaku kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/54/ 051100577
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2011 11:57
Last Modified: 17 Mar 2011 11:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105591
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item