“Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lama Penyelesaian Audit Pada Perusahaan-Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2009.

Noviana, Rysa (2011) “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lama Penyelesaian Audit Pada Perusahaan-Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2009. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah ukuran perusahaan, jenis industri, solvabilitas, likuiditas, laba atau rugi perusahaan, dan lama perusahaan menjadi klien satu KAP berpengaruh terhadap lama penyelesaian audit, baik secara parsial maupun simultan, pada perusahaan-perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh hasil sampel sejumlah 191 perusahaan yang diamati selama tahun 2008-2009. Dengan metode analisis regresi berganda, diperoleh hasil bahwa seluruh variabel yaitu ukuran perusahaan (SIZE), jenis industri (CLASS), tingkat solvabilitas (TDTA), tingkat likuiditas (CR), laba atau rugi perusahaan (PROFIT), dan lama perusahaan menjadi klien satu KAP (LAMAKLIEN) secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi lama penyelesaian audit (LAMAUD). Namun, pada signifikansi 5%, hanya jenis industri (CLASS), tingkat solvabilitas (TDTA), laba atau rugi perusahaan (PROFIT), dan lama perusahaan menjadi klien satu KAP (LAMAKLIEN) yang mampu mempengaruhi lama penyelesaian audit secara parsial, sedangkan ukuran perusahaan (SIZE) dan tingkat likuiditas (CR) tidak memberikan pengaruh secara parsial terhadap lama penyelesaian suatu audit. Hasil penelitian ini dapat membantu para akuntan publik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses audit dengan mengendalikan faktor-faktor dominan yang menyebabkan terjadinya lama penyelesaian audit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/537/ 051103947
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Sep 2011 09:09
Last Modified: 28 Sep 2011 09:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105588
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item