Pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Rahmania, ZahraFeliasari (2011) Pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen pendapatan adalah pemilihan kebijakan akuntansi untuk tujuan tertentu. Manajemen pendapatan terjadi dengan tidak adanya pengawasan atas kinerja manajemen, juga karena konflik kepentingan antara manajemen dan pemegang saham dan pemilik. Oleh karena itu, manajemen dapat mengambil kebijakan dengan memilih metode akuntansi yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh leverage dan ukuran perusahaan pada manajemen laba secara parsial. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2008-2009 sebanyak 41 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Tes yang digunakan untuk menguji hipotesis t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan tingkat signifikansi 5%, sebagian dalam pengujian, variabel leverage tidak menunjukkan hasil yang signifikan, sedangkan variabel ukuran perusahaan efek negatif yang signifikan. Untuk penelitian lebih lanjut dapat ditambahkan variabel independen lainnya, seperti peringkat utang, kepemilikan manajerial, perpajakan, tata kelola perusahaan, kinerja hari ini, dan rencana bonus. Juga perlu melakukan penelitian di sektor lain yang melibatkan banyak perusahaan saat menggunakan leverage dan variabel ukuran perusahaan.

English Abstract

Earnings management is an accounting policy election for a particular purpose. Earnings management occurs in the absence of supervision over the performance of management, also because of conflicts of interest between management and the shareholders and owners. Therefore, management can take the policy by choosing accounting methods that can improve their welfare. Research carried out aimed to examine the effect of leverage and firm size on earnings management partially. The sample used is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange during the period 2008-2009 as many as 41 companies. Analysis tool used is multiple linear regression. Test used to test the hypothesis t. Based on the results of hypothesis testing with a significance level of 5%, partially in testing, the leverage variable shows no significant results, while the variable size of the company a significant negative effect. For further research can be added other independent variables, such as debt ratings, managerial ownership, taxation, corporate governance, todays performance, and bonus plans. Also need to do research on other sectors which involve many companies while using leverage and firm size variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/529/ 051103939
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Sep 2011 10:01
Last Modified: 23 Sep 2011 10:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105579
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item