Orientasi kepada Pelanggan untuk Perusahaan Jasa (Studi pada RSUD Gambiran Kota Kediri)

Muti`atillah, Maulidina (2011) Orientasi kepada Pelanggan untuk Perusahaan Jasa (Studi pada RSUD Gambiran Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perkembangan teknologi yang mengedukasi konsumen sedemikian rupa, hingga turut serta untuk meningkatkan derajat persaingan bisnis. Ilmu pemasaran yang berfungsi sebagai penghubung antara pelanggan dan perusahaan memiliki beberapa konsep orientasi. Akhirnya, orientasi pelanggan menjadi sebuah jawaban untuk menghadapi pelanggan yang teredukasi sedemikian rupa dan persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus pada penelitian ini mengenai orientasi kepada pelanggan yang sedang dilakukan, berupa proses, dampaknya terhadap Rumah Sakit hingga orientasi pelanggan yang aplikatif. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini, pertama mengetahui pencapaian orientasi kepada pelanggan. Kedua, mengetahui alasan kebutuhan penerapan orientasi kepada pelanggani. Ketiga, mengetahui manfaat yang diperoleh ketika melakukan orientasi kepada pelanggan. Keempat, menerapkan orientasi pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan RSUD Gambiran Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi hingga data tersebut jenuh. Penelitian menggunakan analisis data Miles dan Hubberman yakni Data reduction, Data Display, dan Conclusions; Drawing/ Verifying. Hasil penelitian adalah RSUD Gambiran telah menerapkan orientasi kepada pelanggan, namun kurang maksimal. Kurang maksimalnya manajemen membuat nilai pelanggan kurang tersampaikan kepada pelanggan. RSUD Gambiran membutuhkan orientasi pelanggan sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan sebagai pemenuhan tanggungjawabnya atas sarana pelayanan pemerintahan daerah. Manfaat yang bisa diambil dalam orientasi pelalanggan adalah RSUD Gambiran mampu memahami perilaku konsumen, mengetahui kapabilitas perusahaan, dan pada akhirnya merencanakan dan menjalankan strategi yang efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/501/ 051103465
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Sep 2011 11:37
Last Modified: 20 Sep 2011 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105549
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item