Pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard : studi kasus pada PDAM Kabupaten Malang.

Fatmawati, ElisaDian (2011) Pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard : studi kasus pada PDAM Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja keuangan merupakan salah satu bentuk penilaian manajemen terhadap aktivitas operasional perusahaan. Hal ini dikarenakan dengan adanya kinerja keuangan tersebut dapat langsung dilihat apakah terdapat peningkatan atau penurunan. Saat ini, pengukuran kinerja berdasarkan keuangan saja dirasa tidak memadai. Sehingga untuk mengukur kinerja dalam perusahaan diperlukan ukuran kinerja yang komprehensif, yaitu Balanced Scorecard , yang terdiri dari perspektif keuangan, konsumen, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Balanced Scorecard sebagai alat pengukur kinerja pada PDAM Kabupaten Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi kasus dengan variabel penelitian dari masing-masing perspektif. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa kinerja PDAM Kabupaten Malang menunjukkan hasil yang baik. Hal ini dibuktikan dari indikator perpektif keuangan yaitu profit margin dan total aset turn over mengalami peningkatan. Perspektif pelanggan dibuktikan dengan meningkatnya kepuasan pelanggan dalam pelayanan administrasi dan distribusi air. Persperktif bisnis internal dibuktikan dengan peningkatan pendapatan dan jumlah pelanggan. Sedangkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan produktivitas karyawan yang meningkat, motivasi yang meningkat dan kepuasan karyawan terhadap perusahaan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Balanced Scorecard dapat diterapkan pada PDAM Kabupaten Malang karena dapat menunjukkan kinerja perusahaan dengan jelas dan lengkap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/426/ 051103093
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Aug 2011 09:36
Last Modified: 25 Aug 2011 09:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105467
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item