Islam, Mohamad Faisal (2017) Strategi Komunikasi Interpersonal Dokter Gigi Muda Dalam Proses Perawatan Kesehatan Gigi Pasien. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunikasi kesehatan antara dokter dan pasien yang dulu menganut pola paternalistik dengan dokter pada posisi yang lebih dominan sudah saatnya diubah menjadi setara antara dokter dan pasien, Dalam konteks media, menuliskan bahwa seringkali pasien sering mengalami ketakutan atau kekhawatiran ketika hendak ingin menemui dokter ketika mengalami sakit. Dalam kasus ini, juga terjadi di Poliklinik Universitas Brawijaya, Malang, banyak mahasiswa Brawijaya yang masih belum tertarik untuk datang ke Poligigi Poliklinik UB. Banyak hal yang melatarbelakangi hal tersebut, dari ruangan yang kurang nyaman hingga masalah mengenai para dokter muda di Poliklinik UB tersebut. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, rumusan masalah yang terumus dalam pertanyaan yang akan dikaji lebih lanjut dalam skripsi ini adalah sebagai berikut “Bagaimana strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh para dokter gigi muda proses perawatan kesehatan gigi pasien di Poliklinik Universitas Brawijaya, Malang?” Penelitian ini menggunakan pendekatan interpretative, Pendekatan ini membantu peneliti menginterpretasi pemaknaan yang dilakukan tiap orang terhadap suatu fenomena. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menjelaskan tentang Peranan Komunikasi Interpersonal Dokter Gigi Muda Dalam Proses Perawatan Kesehatan Gigi Pasien Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa, Proses komunikasi interpersonal dalam Komunikasi terapeutik yang diterapkan di Poliklinik Universitas Brawijaya Malang, untuk para dokter gigi KOAS terdiri dari empat fase/ tahap, yaitu 1) Keterbukaan, 2), Sikap Positif, 3) Kesamaan 4) Empaty dan 5) dukungan atau supportivitas.Dalam melakukan komunikasi interpersonal dengan pasien, para dokter gigi KOAS di Poliklinik Universitas Brawijaya Malang, menggunakan teknik-teknik tertentu seperti yang pertama adalah mendapatkan pasien terlebih dahulu, kemudian memberikan pelayanan-pelayanan yang sifatnya personal, yakni mengenal serta memanggil nama pasien, memberikan salam atau sapaan, berjabat tangan atau sentuhan, menjelaskan tindakan medis yang akan dilakukan, berusaha mengetahui kondisi pasien melalui komunikasi dengan memberi kesempatan kepada pasien untuk menjelaskan kondisinya
English Abstract
Health communication between doctor and patient which once was leaning towards paternalistic pattern with doctor as the dominant needs to be changed into equal between doctor and patient. In media context, stated that patients are often experiencing fear and paranoid during appointment. This case also happened in Poliklinik of Brawijaya University, Malang. A lot of their students are not yet to be interested in going to Poligigi Poliklinik UB caused by the poorly made facilities and new dentists. Based on the explained background, the focus of this research is about interpersonal communication strategy appliance between new dentists and their patients in Poliklinik of Brawijaya University. This research uses interpretative approach which helps the researcher to interpret meanings made by a person towards a phenomenon. Researcher is using qualitative method and qualitative descriptive method to explain how the use of interpersonal communication in patients' treatment. It explains that the process of interpersonal communication in therapeutic communication applied in this Poliklinik involves four phases, which are 1) Opennes, 2) Positive attitude, 3) Similarity, 4) Empathy, 5) Support. In applying interpersonal communication to patients, co-assistant dentists in this Poliklinik use certain methods such as first they get patients then give them personal related sevice such as knowing and calling names, greetings, handshaking, assisting with their medical needs, and communicating to understand by giving the patients chance to explain about their condition.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/144/051802601 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Dokter Koas dan Pasien, Poliklinik Universitas Brawijaya Malang |
Subjects: | 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 May 2018 02:45 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10541 |
![]() |
Text
a. Sampulcover.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text
9. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |