AhyadiDC, Kurnia (2011) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tulungagung : Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih jasa SMP di Tulungagung, yaitu SMP Negeri 2 Tulungagung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam memilih SMP di Tulungagung, yaitu SMP Negeri 2 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana sampel dipilih oleh peneliti berdasarkan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh sampel tersebut yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Untuk mengetahui sejauh mana instrumen penelitian ini dapat dipercaya, maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, dengan menggunakan teknik analisis data yaitu regresi berganda dan uji asumsi. Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yang terdiri dari variabel bebas (variabel X) dan variabel terikat (variabel Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih SMP, yaitu terdiri dari faktor psikologis, faktor bauran pemasaran, dan faktor kebudayaan dan sosial. Sedangkan variabel terikat yang terdapat pada penelitian ini yaitu keputusan pemilihan jasa SMP di Tulungagung, yaitu SMP Negeri 2 Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis, faktor bauran pemasaran, dan faktor kebudayaan dan sosial secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa SMP di Tulungagung, yaitu SMP Negeri 2 Tulungagung, dimana ketiga faktor tersebut (faktor psikologis, faktor bauran pemasaran, dan faktor kebudayaan dan sosial) mempunyai Fhitung 106,835 > Ftabel 8,55 dengan signifikansi F sebesar 0,000. Secara individu, faktor yang berpengaruh secara nyata terhadap keputusan pemilihan jasa SMP di Tulungagung yaitu SMP Negeri 2 Tulungagung adalah psikologis (X1) yang mempunyai koefisien regresi tertinggi yaitu sebesar 0,712. Sedangkan koefisien regresi faktor bauran pemasaran (X2) memiliki nilai 0,202 dan untuk faktor kebudayaan dan sosial (X3) mempunyai koefisien regresi sebesar 0,213. Dengan demikian faktor psikologis mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pemilihan jasa SMP di Tulungagung, yaitu SMP Negeri 2 Tulungagung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/325/051102429 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2011 10:04 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 12:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105357 |
Text
051102429.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |