Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Komunikasi dalam Tim Audit : Studi Empiris pada Auditor yang Bekerja di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Jawa Timur dan K

Rahayu, PutriSri (2011) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Komunikasi dalam Tim Audit : Studi Empiris pada Auditor yang Bekerja di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Jawa Timur dan K. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap komunikasi dalam tim audit. Dalam penelitian ini, gaya kepemimpinan terdiri dari dua dimensi sebagaimana yang dikemukakan oleh Fleishmen et al (1990), yaitu konsiderasi dan struktur inisiatif. Sementara itu budaya organisasi sesuai dengan konsep yang dikemukakan oleh Wallach (1983) terdiri dari birokratis, inovatif, dan suportif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan mailed questionnaires sebagai alat pengumpulan data. Sampel yang digunakan adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di wilayah Jawa Timur yang terdaftar dalam direktori IAPI 2010 serta auditor yang bekerja di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jawa Timur. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap komunikasi dalam tim audit. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara bersama-sama gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh terhadap komunikasi dalam tim audit dengan derajat pengaruh sebesar 57,7% sedangkan 42,3% komunikasi dalam tim audit dipengaruhi oleh faktor lain yang diteliti. Implikasi dari penelitian ini adalah semakin intensifnya penerapan gaya kepemimpinan dan budaya organisasiyang benar maka semakin baik pula komunikasi yang terjadi dalam tim audit. Dengan terciptanya komunikasi yang baik dapat meningkatkan kualitas audit yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/320/051102424
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2011 10:54
Last Modified: 18 Oct 2021 12:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105354
[thumbnail of 051102424.pdf]
Preview
Text
051102424.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item