DeniSundawa (2011) BelanjaPemerintah DaerahPadaSektorPendidikandanVariabel-VariabelLainYang MempengaruhiIndeksPendidikan(StudeKasusPada20Kabupaten/Kota diProvinsiJawaTimur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Erapelaksanaandesentralisasimemberikanruangyanglebihbesaruntukmelaksanakanmembuatdanmelaksanakankebijakandimasing- asingpemerintahdaerahmemberikankonsekuensilogisdenganadanyaurusan-urusanyangmenjaditanggungjawabpemerintahdaerahberupaurusanwajibdanurusanpilihan.Urusanpendidikanmerupakanurusanwajibyangmendapatperhatianpalingbesar.HaliniterlihatdariadanyaamanatdariUUD1945yangmewajibkansektorpendidikanuntukmendapatkananggaranbelanjaminimal20persendaritotalbanjabaiktingkatpemerintahpusatmaupundaerah.Penelitianinimengadopsimodelinvestasipendidikanbankduniadengantujuanuntukmelihatpengaruhbelanjapemerintahdaerahpadasektorpendidandanvaribellain. Penelitianinimenggunakandataruntunwaktu( timeseries )dansilangtempat( crosssection )atas20Kabupaten/KotadiProvinsiJawaTimurperiode2004sampaidengan2008denganmenggunakanalatanalisisberuparegresidatapanelmetodePooledLeastSquare(PLS). Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapengaruhyangsignifikandarivariabelbelanjapemerintahdaerahpadasektorpendidikanperpopulasiusia7-18tahunyangmasihbersekolah,pengeluaranrumahtangganonmakananrata-rataperbulan,ProdukDomestikRegionalBrutoPerkapita,TingkatKemiskinan,DummyKabupaten/Kota,danJumlahAngkatanKerja,dimanaTingkatkemiskinandanJumlahAngkatanKerjaBerpengaruhNegatif.NilaibalikandariproporsibelanjapendidikanpemerintahtidaksecaralangsungmempengaruhiIndeksPendidikandankompetensipendidikyangrendterutamapadatingkatpendidikandasar.SedangkanvariabelJumlahSDdanSMPperKm2tidakberpengaruhsignifikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/32/ 051100549 |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Mar 2011 09:01 |
Last Modified: | 29 Mar 2011 09:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105353 |
Actions (login required)
View Item |