Strategi Pengembangan Wirausaha Baru Berbasis Strategi Pengembangan di UKM Keripik Tempe Rohani Kota Malang

Rahmawati, Anita (2011) Strategi Pengembangan Wirausaha Baru Berbasis Strategi Pengembangan di UKM Keripik Tempe Rohani Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan wirausaha baru oleh UKM Keripik Tempe Rohani di Kota Malang yang berbasis analisis lingkungan, menanggapi banyaknya pengangguran khususnya di lingkungan Sanan. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mencari alternatif-alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan di UKM Keripik Tempe Rohani Malang agar pemilik dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya sekaligus memberdayakan masyarakat lingkungan sekitarnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam mlakukan perumusan strategi, peneliti harus menganalisis lingkungan UKM Keripik Tempe Rohani Malang, baik dari sisi internal perusahaan maupun sisi eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan alat analisis IFAS, EFAS, SFAS, dan SWOT. Selanjutnya setelah melakukan analisis tersebut maka peneliti menentukan strategi yang sesuai dengan kondisi UKM saat ini. Hasil analisis lingkungan internal pada matriks IFAS menunjukkan nilai 3,35 yang mengindikasikan bahwa UKM Keripik tempe Rohani di atas rata-rata, yang artinya bahwa UKM ini dapat memanfaatkan kekuatan atau keunggulannya untuk meminimalisir kelemahan yang ada. Sedangkan pada matriks EFAS menunjukkan nilai 3,25 yang mengindikasikan bahwa UKM Keripik Tempe Rohani berhasil memanfaatkan peluang yang ada dan mengantisipasi ancaman yang muncul. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, UKM Keripik Tempe Rohani berada pada sel 1 yang berarti strategi agresif. Alternatif strategi yang dapat digunakan yaitu pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Jadi strategi yang sesuai dengan kondisi UKM Keripik Tempe Rohani Malang saat ini yaitu pengembangan pasar dan pengembangan produk yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi pengembangan wirausaha baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/291/051102242
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2011 09:05
Last Modified: 18 Oct 2021 11:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105321
[thumbnail of 051102242.pdf] Text
051102242.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item