Pengaruh Kebijakan Pajak, Administrasi Pajak dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan : Studi Kasus Pada KPP Pratama Probolinggo

Susanti, Rani (2011) Pengaruh Kebijakan Pajak, Administrasi Pajak dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan : Studi Kasus Pada KPP Pratama Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan pajak, administrasi pajak dan pelayanan pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak badan (studi kasus pada KPP Pratama Probolinggo). Penelitian ini menggunakan metode survei kepada 98 orang karyawan dari Wajib Pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Probolinggo yang melaporkan dan menyetorkan kewajiban perpajakannya di KPP Pratama Probolinggo pada bulan Februari 2011. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non purposive samplimg . Sumber data menggunakan sumber data primer yaitu hasil kuisioner dan data sekunder yaitu data dokumen. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R 2 ) bernilai 0,177 yang berarti sama dengan 17,7% variabel kebijakan pajak, administrasi pajak dan pelayanan pajak mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak badan dengan studi kasus pada KPP Pratama Probolinggo, sedangkan sisanya sebesar 82,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar ketiga variabel tersebut. Dilihat dari nilai F hitung , menunjukkan bahwa variabel kebijakan pajak, administrasi pajak dan pelayanan pajak secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak badan dengan studi kasus pada KPP Pratama Probolinggo. Dilihat dari t hitung , menunjukkan bahwa secara parsial variabel adminitrasi pajak yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak badan dengan studi kasus pada KPP Pratama Probolinggo. Variabel kebijakan pajak, administrasi pajak dan pelayanan pajak secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak badan dengan studi kasus pada KPP Pratama Probolinggo. Kesimpulan ini didapatkan dari nilai standardized coeficients (Beta).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/248/051102083
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 May 2011 10:15
Last Modified: 18 Oct 2021 21:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105275
[thumbnail of 051102083.pdf]
Preview
Text
051102083.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item