Strategi Komunikasi Partisipatif dalam Pembangunan Pendidikan Anak Jalanan dan Marjinal (Studi Kasus Program Belajar Bareng Komunitas Save Street Child Malang di Rumah Belajar Tanjungputra Yudha, Malang)

Mone, Ucha Julistian and Nia Ashton Destrity, S.I.Kom., MA (2017) Strategi Komunikasi Partisipatif dalam Pembangunan Pendidikan Anak Jalanan dan Marjinal (Studi Kasus Program Belajar Bareng Komunitas Save Street Child Malang di Rumah Belajar Tanjungputra Yudha, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pembangunan partisipatif yang dilakukan oleh komunitas SSCM dalam pembangunan pendidikan anak-anak jalanan dan marjinal di rumah belajar Tanjungputra Yudha, Kelurahan Tanjung Rejo, Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Ketujuh informan dalam penelitian ini terdiri dari anggota sscm dan beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan Belajar Bareng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pembangunan partisipatif dalam kegiatan Belajar Bareng dilakukan berdasarkan aktivitas dan tingkat partisipasi masyarakat yang terlibat. Aktor-aktor yang terlibat dalam program belajar bareng telah melakukan peran-peran sebagai agen perubahan dalam program pembangunan, sehingga program pembangunan mempunyai potensi besar untuk sukses. Penyusunan pesan yang dilakukan SSCM dalam kegiatan Belajar Bareng didasarkan pada sasaran dan tujuan dari penggunaan media komunikasi untuk menyalurkan pesan. Selain itu, implikasi dari program komunikasi pembangunan yang dilakukan komunitas SSCM yaitu terberdayakannya anak jalanan dan marjinal di Rumah Belajar Tanjungputra Yudha.

English Abstract

This research aims to know the participatory development communication strategy undertaken by the community in the educational development of the SSCM street children and marginalized at home learn Tanjungputra Yudha, Neighborhood Cape Rejo, Malang. This research is qualitative research using the case study method. Using data collection techniques interviews, observation and documentation. The number of informants in this study as much 6 people are selected using a purposive sampling technique. Sixth informant in this study consisted of members of the sscm and some parties involved in learning activities Together. The results showed that participatory development communication strategies in learning activities Together is done based on the activity and the level of participation of the communities involved. Actors involved in the program learn together have done roles as agents of change in the development program, so that development programs have great potential for success. The preparation of messages are done in learning activities With SSCM based on the goals and objectives of the use of the communication media to transmit messages. In addition, the implications of development communication program conducted namely SSCM community empowering street children and marginalized at Home Learn Tanjungputra Yudha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/137/051802594
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi pembangunan, komunikasi partisipatif , pembangunan Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.8 Students > 371.82 Specific groups of students; schools for specific groups of students
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 May 2018 01:55
Last Modified: 05 Aug 2022 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10527
[thumbnail of Ucha Julistian Mone.pdf] Text
Ucha Julistian Mone.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item