Pengaruh Citra toko (Store image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Centerpoint Departement Store : Studi Pada Konsumen Centerpoint Mall Olympic Garden Malang.

Aisyah, IsmiNur (2011) Pengaruh Citra toko (Store image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Centerpoint Departement Store : Studi Pada Konsumen Centerpoint Mall Olympic Garden Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bisnis eceran dalam memenuhi berbagai preferensi terhadap barang dan jasa, telah memunculkan bermacam-macam bentuk bisnis eceran/bisnis ritel ( retail business ). Salah satu bentuk bisnis ritel berskala besar yang dikelola secara modern dan terus berkembang adalah department store . Salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam membentuk persepsi konsumen terhadap suatu department store adalah melalui strategi store image. Oleh karena itu, citra menjadi faktor penting bagi keberhasilan pemasaran suatu organisasi. Citra toko yang baik berhubungan dengan kepercayaan konsumen yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu peritel. Citra toko di mata konsumen dapat menjadi stimuli untuk masuk ke dalam toko, yang nantinya akan berlanjut pada proses interaksi hingga pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Citra Toko ( Store Image ) terhadap keputusan pembelian pada Centerpoint department store. Penelitian ini merupakan penelitian exsplanatory . Penelitian ini dilakukan di Centerpoint department store Malang. Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik accidental sampling , yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sampel, bila responden tersebut sesuai dengan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara variabel citra toko yang terdiri dari barang dagangan (X 1 ), promosi (X 2 ), kenyamanan (X 3 ), fasilitas toko (X 4 ) dan pelayanan toko (X 5 ) secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian pada Centerpoint department store . Variabel kenyamanan merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Centerpoint department store . Dari hasil penelitian tersebut dapat dijelaskan bahwa variabel citra toko memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian dibutuhkan perhatian khusus terhadap pembentukan citra toko dalam menciptakan kesan atau image yang baik agar konsumen mempunyai kepercayaan dan merasa puas. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti perlu memberikan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan oleh pengelola Centerpoint department store yaitu terus mempertahankan dan memperbaiki suasana toko untuk menciptakan kenyamanna dengan AC yang lebih dingin, memperbaiki pelayanan toko dengan training kepada karyawan untuk menciptakan kesan yang positif. Membuat website atau blog khusus yang dimiliki dan dikelola oleh Centerpoint department store.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/234/ 051102044
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 May 2011 09:10
Last Modified: 05 May 2011 09:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105261
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item