Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Hunian Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru Tahun 2016-2017

Ningrum, Retno Kusuma (2018) Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Hunian Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru Tahun 2016-2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kualitas pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hunian pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ialah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti ialah dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan IMB pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru dengan menggunakan indikator tangible, reliability, responsiviness, assurance dan emphaty. (1) Pelaksanaan kualitas pelayanan IMB dilihat dari tangible sudah memberikan fasilitas dalam memenuhi penyelenggaraan pelayanan. Selain itu fasilitas untuk difabel juga disediakan. (2) Kualitas pelayanan IMB dilihat dari reliability ialah bahwa petugas pelayanan sudah mampu mengoperasionalkan alat bantu pelayanan dengan sebagaimana harusnya. (3) Kualitas pelayanan IMB dilihat dari reponsiviness bahwa pegawai belum bersikap ramah dan membuat masayarakat kurang puas terhadap respon pegawai. (4) Kualitas pelayanan IMB dilihat dari assurance ialah kesesuaian tarif biaya sudah sesuai Perda dan ketepatan waktu penyelesaaian dokumen juga sudah sesuai dengan waktu yang ditetapkan yaitu maksimal 30 hari kerja. (5) Kualitas pelayanan IMB dilihat dari emphaty ialah pegawai pelayanan melakukan pelayanan sudah secara adil dan tidak diskriminasi. Adapun hambatan dalam pelaksanaan pelayanan IMB ialah tidak adanya pegawai TABG yang stay di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru yang dapat menyebabkan lembannya penyelesaian dokumen dan kurangnya sosialisasi yang dilakukan hingga kemasyarakat bawah.

English Abstract

This study intends to determine the quality of service of Building Permit (IMB) dwelling at the Department of Investment and Integrated services One Stop Pekanbaru City. The method used is descriptive qualitative. Data collection techniques are observation, interview and documentation. Analysis of the data used by the researchers is data reduction, presentation and conclusion. The results showed that IMB service quality at the Department of Investment and Integrated Services One Stop Pekanbaru City by using indicators tangible, reliability, responsiviness, assurance andempathy.(1) The IMB service quality views of tangible already provides facilities to comply with the provision of services. Besides facilities for the disabled are also provided. (2) Quality of IMB views of reliability is that care workers have been able to operationalize tools with the service as it should be. (3) Quality of IMB seen from reponsiviness that the employee is not being friendly and making communities less satisfied with the response of employees. (4) Qualityseen from the building permit assurance isfee rates was appropriate suitability and timeliness Regulation penyelesaaian document are according to the set time is a maximum of 30 working days. (5) The service quality ofseen IMB empathy isservice employees in the service is already fairly and not discriminate. The obstacles in the implementation of IMB service is the absence TABG employees who stay in the Department of Investment and Integrated Services One Stop Pekanbaru City that can cause lembannya settlement documents and lack of socialization which carried to the bottom of society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/133/051802590
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, IMB, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 May 2018 01:33
Last Modified: 18 Oct 2021 04:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10520
[thumbnail of RETNO KUSUMA NINGRUM 145120601111002 IPM UB.pdf]
Preview
Text
RETNO KUSUMA NINGRUM 145120601111002 IPM UB.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item