Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial dengan Cost of Outlay Approach untuk Menilai Kinerja Sosial Perusahaan : Studi Kasus pada PT Petrokimia Gresik

Dewantoro, ErwindaMuslim (2011) Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial dengan Cost of Outlay Approach untuk Menilai Kinerja Sosial Perusahaan : Studi Kasus pada PT Petrokimia Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuntansi pertanggungjawaban sosial merupakan perluasan dari fungsi akuntansi konvensional. Perluasan tersebut berkembang seiring terjadinya pergeseran paradigma dari perspektif pemegang saham menuju perspektif pemangku kepentingan, yang menekankan bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab lebih luas dibanding hanya tujuan maksimasi profit, yaitu memerhatikan kesejahteraan para pemangku kepentingan dan berperan aktif dalam upaya pembangunan berkelanjutan. Sejauh ini penerapan akuntansi pertanggungjawaban sosial menghadapi berbagai kendala dikarenakan sulitnya mengukur elemen-elemen sosial akibat aktivitas perusahaan, yang terdiri atas manfaat sosial dan biaya sosial. Masalah pengukuran ini timbul karena adanya hal-hal yang tidak dapat diukur dengan bentuk pengukuran dalam akuntansi (moneter) sehingga menjadi lebih sulit untuk menyajikannya dalam laporan yang bersifat kuantitatif. Situasi tersebut memerlihatkan tentang kebutuhan akan adanya suatu metode atau pedoman untuk pengukuran yang dapat mengikhtisarkan kinerja sosial perusahaan dalam suatu pelaporan. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai penerapan akuntansi pertanggungjawaban sosial dengan model pendekatan biaya yang dikeluarkan untuk memformulasikan laporan biaya sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan di PT Petrokimia Gresik untuk mengidentifikasi aktivitas dan biaya sosial perusahaan selama tahun 2007-2009. Dari hasil analisis dan komparasi terhadap item-item dalam laporan biaya sosial, dapat diketahui bahwa PT Petrokimia Gresik memberikan proporsi pembiayaan terbesar untuk sektor kesejahteraan sumber daya manusia (pekerja). Secara keseluruhan, kinerja sosial perusahaan dapat dikatakan cukup optimal, namun perusahaan belum menerapkan akuntansi pertanggungjawaban sosial dan menyusun suatu pelaporan yang sesungguhnya bermanfaat untuk melakukan evaluasi jangka panjang terhadap kinerja sosial perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/156/051101567
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 May 2011 09:29
Last Modified: 18 Oct 2021 20:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105178
[thumbnail of 051101567.pdf]
Preview
Text
051101567.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item