Analisis kinerja berdasarkan metode Balance Scorecard : Studi Kasus Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Lumajang

Deprinawa, Osananda (2011) Analisis kinerja berdasarkan metode Balance Scorecard : Studi Kasus Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja disperindag kab. Lumajang dengan menggunakan Balance Scorecard (BSC). metode analisis BSC menggunakan empat perspektif yaitu: 1) perspektif keuangan, 2) perspektif pelanggan, 3) perspektif proses internal , dan 4) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Berdasarkan dari keempat perspektif diatas, ditemukan bahwa kinerja disperindag kab. Lumajang dari sisi keuangan cukup baik dari hasil rasio keuangan yang dimilikinya. berdasarkan rasio-rasio keuangan ditemukan bahwa disperindag tidak terbebani dengan kewajiban / hutang jangka pendek. sementara itu, dari sisi realisasi anggaran pendapatan telah terjadi realisasi anggaran yang jauh diatas (lebih dari 50 persen) target yang dianggarkan. sementara dari perspektif pelanggan, ditemukan mayoritas pelanggan memberikan persepsi cukup baik atas pelayanan yang saat ini diberikan, dilanjutkan kemudian persepsi baik oleh responden. sementara dari perspektif proses bisnis internal, di temukan bahwa mayoritas responden memberikan persepsi cukup baik atas proses bisnis internal yang selama ini berjalan di internal disperindag kab. Lumajang. Diakui bahwa dalam riset ini masih ada beberapa keterbatasan, misalnya; dalam beberapa aspek masih terdapat kurangnya manajemen kinerja di lingkungan disperindag kab, Lumajang sehingga analisis kinerja dengan metode BSC belum bisa menyentuh secara keseluruhan. ke depan, penelitian lain harus dapat mencakup aspek-aspek kinerja lainnya yang bisa disentuh BSC.

English Abstract

This study aims to analyze the performance of Disperindag kab. Lumajang using the Balanced Scorecard (BSC). BSC analysis method using four perspectives: 1) financial perspective, 2) customer perspective, 3) internal process perspective, and 4) the perspective of growth and learning. Based on the four perspectives above, found that the performance Disperindag kab. Lumajang from the financial side pretty well from the results of its financial ratios. based on financial ratios is found that Disperindag not burdened with liabilities / short-term debt. meanwhile, from the revenue budget has been far above budget (more than 50 percent) of the budgeted target. while from the perspective of the customer, found the majority of customers give good perception of the services currently provided, followed later by both the perception of respondents. while the internal business process perspective, found that the majority of respondents gave fairly good perception of internal business processes that have been run on the internal Disperindag kab. Lumajang. It is recognized that in this research there are still some limitations, for example, in some aspects there is still a lack of performance management within the district Disperindag Lumajang that analyst performance with BSC method can not be touched as a whole. forward, other studies should be able to cover other performance aspects that can be touched BSC.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/051101575
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 May 2011 09:14
Last Modified: 18 Oct 2021 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105115
[thumbnail of 051101575.pdf]
Preview
Text
051101575.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item