RubyIndraHikmawan (2010) Budaya Ngenger Sebagai Solusi Untuk Menjembatani Kesenjangan Antar Pekerja” (Studi Kasus Di PG. Kebon Agung, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Majunya sektor pendidikan di Kota Malang telah melahirkan banyak SDM yang berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan makin tingginya jenjang pendidikan pencari kerja di Malang. Sayangnya, hal ini diwarnai dengan masalah kesenjangan yang terjadi di antara pekerja. Penyebabnya adalah berbedanya tingkat pendidikan yang dimiliki, yang berimplikasi pada cara kerja yang berbeda pula. Faktor perbedaan pendapatan juga semakin memperparah kondisi yang ada. Apabila hal ini terus dibiarkan, akan berakibat pada penurunan produktivitas pekerja. Tentu saja dalam jangka panjang kondisi ini juga akan menurunkan laba perusahaan/pabrik yang memiliki masalah tersebut. PG. Kebon Agung adalah salah satunya. Masalah kesenjangan di Kebon Agung telah terjadi cukup lama, yaitu semenjak masa nasionalisasi. Penyebabnya adalah perubahan yang ada pada metode pelatihan yang digunakan. Sebelum nasionalisasi, budaya ngenger digunakan sebagai alat untuk meredam kesenjangan yang ada. Namun setelah nasionalisasi, budaya yang dianggap erat dengan feodalisme Belanda tersebut dihilangkan. Padahal, Belanda memiliki alasan yang baik terkait penggunaan metode pelatihan yang menggunakan ngenger tersebut. Apabila budaya tersebut dapat kembali diadaptasikan saat ini ke dalam metode pelatihan yang ada, bukannya tidak mungkin kesenjangan antar pekerja di Kebon Agung dapat diatasi. Metode pelatihan yang ada juga dapat dirancang dengan lebih efisien dan tepat sasaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/87/051000566 |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Mar 2010 15:52 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 08:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105098 |
Preview |
Text
051000566.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |