Analisis Efektivitas Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Sebagai Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lumajang (Studi Kasus Pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lumajang)”.

Andi, EkoNurPrasetyo (2010) Analisis Efektivitas Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Sebagai Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lumajang (Studi Kasus Pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lumajang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu sumber penerimaan daerah dalam era otonomi berasal dari Pendapatan Asli Daerah. Dimana komponen PAD adalah pajak daerah, retribusi daerah, perusahaan daerah, dan lain-lain PAD yang sah. Pajak daerah merupakan komponen yang cukup penting dalam menopang penerimaan PAD. Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C merupakan pajak daerah yang sangat potensial bagi Kabupaten Lumajang. Bila dilihat dari potensinya, Penerimaan Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C mempunyai kontribusi yang sangat besar bagi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lumajang. Secara keseluruhan, Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C merupakan salah satu pendapatan asli daerah yang cukup potensial untuk dapat ditingkatkan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif statistik. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Lumajang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, studi pustaka, wawancara, serta observasi. Sedangkan untuk analisa data peneliti menggunakan deskriptif statistik, dimana peneliti menghitung persentase, selanjutnya menggunakan pemikiran logis untuk menggambarkan, menjelaskan, dan menguraikan secara dalam dan sistematis tentang keadaan yang sebenarnya, kemudian ditarik suatu kesimpulan sehingga dapat diperoleh suatu penyelesaian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerimaan pajak dari sektor Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C belum optimal. Hal ini ditandai dengan pendapatan yang fluktuatif dari tahun ke tahun. Dalam artian, tidak selalu mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya. Beberapa kendala yang menyebabkan penerimaan pajak pengambilan bahan galian golongan C yang belum optimal ini dipengaruhi oleh penentuan target yang terlalu tinggi, kerjasama operasional yang menyalahi ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dan penentuan harga pasar yang tidak kompetitif atau terlalu rendah. Untuk meningkatkan penerimaan pajak pengambilan bahan galian golongan C, hendaknya DPKD selaku pengelola keuangan daerah meningkatkan pengawasan, melakukan studi yang berkaitan dengan pertambangan bahan galian golongan C, memperbarui basis data secara rutin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/817/051305021
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jun 2013 12:20
Last Modified: 18 Oct 2021 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105091
[thumbnail of 051305021.pdf]
Preview
Text
051305021.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item