Pengaruh Positioning Product Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA di Desa Randuagung Gresik.

Ariani, DeviPratya (2010) Pengaruh Positioning Product Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA di Desa Randuagung Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh positioning product terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk air minum dalam kemasan merek aqua di Desa Randuagung Gresik. Variabel bebas yang diteliti yaitu; atribut produk, manfaat produk, dan harga produk dengan variebel terikat adalah keputusan konsumen dalam membeli produk air minum dalam kemasan merek aqua. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (atribut, manfaat, dan harga) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) digunakan analisis regresi berganda dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menjelaskan hubungan serta pengaruh variabel bebas terhadap veriabel terikat. Penelitian ini menngunakan sampel sebanyak 100 responden konsumen aqua. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau non probability sampling yang merupakan tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedangkan untuk menganalisis data, yang digunakan adalah korelasi berganda dan regresi berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikorealitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atribut, manfaat, dan harga berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk air minum dalam kemasan merek aqua secara simultan. Variabel atribut, manfaat, dan harga mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk air minum dalam kemasan merek aqua di Desa Randuagung Gresik. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk air minum dalam kemasan merek aqua di Desa Randuagung Gresik adalah variabel atribut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/805/ 051104307
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Oct 2011 14:55
Last Modified: 05 Oct 2011 14:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105085
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item