Pengaruh independen si dan profesionalisme auditor terhadap kualitas audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Malang dan Surabaya)

Setiawan, RendyAdi (2010) Pengaruh independen si dan profesionalisme auditor terhadap kualitas audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Malang dan Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Profesi auditor seringkali dihadapkan pada situasi yang dilematis, dan hal tersebut pada dasarnya dapat melemahkan independensi. Independensi merupakan aspek terpenting bagi profesionalisme. Sikap profesionalisme yang tinggi diyakini akan dapat memberikan kontribusi yang dapat dipercaya oleh para pengambil keputusan. Lemahnya independensi dan profesionalisme pada akhirnya berujung pada rendahnya kualitas audit yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan 3 variabel, yaitu: independensi dan profesionalisme sebagai variabel independen (bebas), dan kualitas audit sebagai variabel dependen (terikat). Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang dibagikan kepada para auditor yang bekerja di beberapa KAP di Malang dan Surabaya. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah convenience sampling (sampling berdasarkan kemudahan). Dengan metode ini, sampel akan diarahkan pada sampel yang umum atau tidak mensyaratkan responden auditor dengan kriteria tertentu. Dan untuk mengetahui apakah independensi dan profesionalisme berpengaruh terhadap kualitas audit, digunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa independensi dan profesionalisme berpengaruh terhadap kualitas audit. Hal ini mendukung hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Elfarini (2007), Widhi (2006), dan Harhinto (2004), yang menyatakan bahwa independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Sedangkan variabel profesionalisme dalam penelitian ini merupakan modifikasi peneliti, sehingga belum ada penelitian terdahulu yang mendasari pengaruh profesionalisme terhadap kualitas audit. Profesionalisme yang berpengaruh terhadap kualitas audit menunjukkan suatu fenomena bahwa suatu sikap auditor yang profesional dalam melaksanakan tugasnya akan mampu memberikan nilai tambah untuk dapat meningkatkan kualitas audit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/797/ 051102592
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Aug 2011 09:03
Last Modified: 29 Nov 2022 09:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105077
[thumbnail of Rendy Adi Setiawan.pdf] Text
Rendy Adi Setiawan.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item