Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Varibel Pemoderator : Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya M

Pulungan, AdityaRizkyRamadhan (2010) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Varibel Pemoderator : Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kecerdasan emosional yang terdiri dari lima komponen yaitu pengakuan kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial berpengaruh terhadap tingkat tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui adanya peran kepercayaan diri sebagai variabel moderating mempengaruhi kecerdasan emosional terhadap tingkat tingkat pemahaman akuntansi. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya perbedaan kecerdasan emosional antara mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri yang kuat dengan siswa yang selftrust dari lemah. Alat ukur untuk mengukur tingkat pemahaman akuntansi adalah titik rata-rata akuntansi yang PA1, PA2, AKM1, AKM2, AKL1, AKBI, AKMEN, AU1, AU2 Dan TA. Itu analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, MRA, dan Independent Sample T-Test. Hasil analisis menyatakan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan dan memiliki peran sebagai variabel quasi moderator. Banyak faktor lain yang mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi seperti faktor tekanan mental, dan lain-lain Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi ke universitas dalam rangka untuk menyusun kurikulum dan dapat memberikan masukan kepada siswa untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/794/051102182
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 May 2011 13:25
Last Modified: 18 Oct 2021 08:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105074
[thumbnail of 051102182.pdf]
Preview
Text
051102182.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item