Pengukuran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang).

AgungSetyoPurnomo (2010) Pengukuran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bank syariah setiap tahun mengalami perkembangan yang cukup pesat, yaitu peningkatan infrastruktur, seperti kantor pada bank syariah lambat laun semakin bertambah, selain itu pula fasilitas penunjang berupa mesin ATM juga sudah memadai, hal ini dikarenakan semua bank umum syariah dan unit usaha syariah telah menggunakan jaringan ATM bersama, lebih dari 13.000 ATM bersama tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa bank syariah juga sudah menawarkan kemudahan akses sms banking dan internet banking . Meskipun jumlah rekening pada bank syariah mengalami peningkatan, tetapi peningkatannya tidak sesuai yang diharapkan, hal tersebut dikarenakan pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah masih kurang sebagai akibat sosialisasi pihak perbankan, pemerintah dan ulama kurang bisa ditangkap oleh masyarakat secara utuh. Kebanyakan masyarakat sudah tahu seluk beluk bank syariah, tetapi mereka tidak tahu produk-produk yang ditawarkan bank syariah, sehingga masyarakat yang tidak tahu produk-produk bank syariah tentunya tidak akan berminat untuk menggunakan jasa bank syariah karena mereka menganggap bahwa fasilitas penunjang yang diberikan masih kalah dengan fasilitas yang ditawarkan oleh bank konvensional, kecuali orang yang mempunyai kenginan kuat menabung pada bank syariah dikarenakan perintah agama yaitu untuk menghindari riba. Beberapa penelitian sebelumnya mencatat mengenai pendidikan nasabah yang menabung pada bank syariah, ternyata nasabah bank syariah adalah para mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi yang sudah bekerja, penulis mencoba membuktikannya dengan melakukan penelitian pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang untuk mengetahui tingkat pengetahuaanya tentang bank syariah yang meliputi sistem, prinsip dan produk. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 379 mahasiswa yang diambil dari 27.697 mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Terbukti, pengetahuan mahasiswa terhadap bank syariah masih rendah, mahasiswa hanya mengetahui sistem yang digunakan tetapi mengenai keragaman produk para mahasiswa tersebut tidak banyak yang mengetahuinya. Pengukuran tingkat pengetahuan mahasiswa menggunakan teknik skoring, dari sepuluh pertanyaan yang ada ternyata rata-rata mahasiswa hanya dapat menjawab empat pertanyaan dengan benar tentang sistem, prinsip dan produk bank syariah. Penelitian ini juga ingin melihat bagaimana hubungan tingkat pengetahuan mahasiswa tentang bank syariah dengan variabel agama, nilai IPK, semester dan fakultas. Keempat variabel bebas tersebut diregresikan dengan variabel pengetahuan. Hasilnya semua variabel bebas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat kecuali variabel fakultas yang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/78/051000556
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Mar 2010 11:11
Last Modified: 18 Oct 2021 08:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105059
[thumbnail of 051000556.pdf]
Preview
Text
051000556.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item