Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek Aquq pada konsumen UD. Tirta Nirwana Lamongan.

Irawan, MohamadRizalNur (2010) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek Aquq pada konsumen UD. Tirta Nirwana Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk yang terdiri dari mutu, merek, kemasan dan label terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek Aqua pada konsumen UD. Tirta Nirwana Lamongan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (atribut produk) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji F dan uji t. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 orang konsumen air minum dalam kemasan merek Aqua pada UD. Tirta Nirwana Lamongan, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak dengan menggunakan pertimbangan tertentu, uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik, uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung , untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik digunakan uji normalitas, uji multikorealitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel mutu (X 1 ), merek (X 2 ), kemasan (X 3 ) dan label (X 4 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,578 (57,8%), sedangkan secara parsial variabel mutu, merek, kemasan dan label menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek Aqua pada UD. Tirta Nirwana Lamongan dengan tingkat signifikansi masing-masing variabel sebesar : variabel mutu 0,000, merek 0,040, kemasan 0,003, dan label 0,000, variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu variabel mutu dengan standardized coefficients beta sebesar 0,508. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat variabel bebas yaitu variabel mutu (X 1 ), merek (X 2 ), kemasan (X 3 ) dan label (X 4 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen air minum dalam kemasan merek Aqua baik secara simultan maupun parsial dan variabel mutu (X 1 ) merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen air minum dalam kemasan merek Aqua pada UD. Tirta Nirwana Lamongan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/769/ 051101751
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Apr 2011 12:53
Last Modified: 04 Apr 2011 12:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105047
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item