Hadi, Aditya (2010) Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntasi dengan menggunakan Konsep Fraud Triangle”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perguruan tinggi bisa juga disebut pendidikan profesi. Perguruan tinggi diharapkan dapat mencetak tenaga-tenaga professional yang berkualitas, baik secara ilmu, moral serta etika profesi. Yang menarik, dalam tingkat perguruan tinggi banyak ditemukan praktik-praktik kecurangan ( fraud ) yang terjadi, yang biasa disebut dengan academic fraud . Hal ini sungguh mengkhawatirkan. Kenapa? Logikanya, jika sejak dalam pendidikan para calon profesional sudah akrab dengan kecurangan, bagaimana dengan ketika individu tersebut memasuki dunia kerja? Korupsi dan segal bentuk kecurangan bisnis akan makin merajalela. Banyak studi yang mempelajari tentang prevalensi kecurangan akademik dan karakteristik pelaku kecurangan akademik. Namun masih sedikit studi/penelitian yang membahas mengenai suatu konsep/model yang dapat menjelaskan mengenai motif yang mendasari perilaku kecurangan akademik, dalam rangka untuk menghentikan atau setidaknya meminimalisir terjadinya kecurangan akademik di Peruguran Tinggi. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Becker et.al (2006), yang disesuaikan untuk konteks Fakultas Ekonomi Universitas X dengan mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Widya Kurnia (2008). Penelitian ini mengungkapkan fenomena berbagai perilaku kecurangan akademik yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi bahwa model penelitian Becker et.al (2006) yang mengidentifikasi motif perilaku kecurangan akademik dapat diterapkan di Jurusan Akuntansi Univesitas X.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/760/ 051101742 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 31 Mar 2011 11:42 |
Last Modified: | 31 Mar 2011 11:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105038 |
Actions (login required)
View Item |