“Analisis Pengukuran Kinerja perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard” : Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia KCP UB Malang.

Wati, YhaniErma (2010) “Analisis Pengukuran Kinerja perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard” : Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia KCP UB Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, disadari bahwa pengukuran kinerja yang hanya berfokus pada aspek keuangan saja untuk mengukur kinerja eksekutif tidak lagi memadai. Pengukuran kinerja dengan sistem ini menyebabkan orientasi perusahaan hanya pada keuntungan jangka pendek dan cenderung mengabaikan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang. Oleh karena itu dikembangkan suatu konsep pengukuran kinerja perusahaan yang cukup komprehensif yaitu Balanced Scorecard , yang terdiri dari empat perspektif yang meliputi perspektif keuangan, konsumen, proses internal bisnis, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengukuran kinerja PT Bank Rakyat Indonesia KCP UB Malang dengan konsep Balanced Scorecard . Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa metode analisis yaitu mengetahui visi dan misi perusahaan dan pengukuran kinerja dari masing-masing perspektif. Untuk mendukung penelitian ini, peneliti menyebarkan kuisioner kepada nasabah dan karyawan. Polulasinya adalah seluruh nasabah dan karyawan PT Bank Rakyat Indonesia KCP UB Malang, sedangkan sampel yang diambil masing- masing adalah 100 responden untuk nasabah dan 13 responden untuk karyawan. Kuisioner digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dan karyawan. Hasil kuisioner tersebut juga telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil pengukuran kinerja dengan balanced scorecard pada PT Bank Rakyat Indonesia KCP UB Malang masing-masing perspektif adalah perspektif keuangan dengan menggunakan NPM ( Net Profit Margin ) dan operating ratio telah menunjukkan kinerja yang belum baik, meskipun pencapaian terlihat dari aspek profitabilitas mengalami sedikit penurunan dari tahun sebelumnya. Perspektif pelanggan, selama kinerja 2 tahun menunjukkan kinerja yang baik dengan adanya kepuasan nasabah yang cukup memuaskan. Untuk perspektif bisnis internal, PT Bank Rakyat Indonesia KCP UB Malang telah berhasil melakukan efisiensi waktu. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, menunjukkan tingkat kepuasan karyawan yang memuaskan. Setelah melakukan penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa dari keempat perspektif yang dianalisis ada beberapa kinerja yang belum baik. Oleh karena itu perusahaan diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerjanya dengan menyeimbangkan antara kinerja aspek keuangan dan non keuangan guna mewujudkan visi dan misinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/758/ 051100333
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Mar 2011 09:45
Last Modified: 31 Mar 2011 09:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105035
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item