Analisis Kelayakan Usaha pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Keripik Buah di Kota Malang (Studi Kasus Usaha Keripik Buah Kressh)

UtamiDewiPurbowati (2010) Analisis Kelayakan Usaha pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Keripik Buah di Kota Malang (Studi Kasus Usaha Keripik Buah Kressh). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada hakekatnya tujuan pembangunan ekonomi adalah untuk menciptakan kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya mengurangi tingkat pengangguran serta pemerataan pendapatan masyarakat. Usaha-usaha Pemerintah, yaitu dengan menitikberatkan pada pembangunan ekonomi yang didukung oleh bidang-bidang lainnya, dengan arti pembangunan ekonomi dititikberatkan kepada usaha-usaha pengembangan industri yang mengolah hasil pertanian dan mengembangkan industri-industri hulu pertanian Salah satu kota di Indonesia yang menggalakkan pembangunan di sektor pertanian yang didukung oleh pembangunan di sektor industri adalah kota Malang, yang mana merupakan daerah potensial penghasil buah-buahan. Keripik buah menjadi salah satu contoh usaha bersistem agribisnis yang dijalankan oleh pengusaha UKM di Kota Malang. Tujuan didirikannya suatu usaha pada dasarnya adalah untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Usaha tersebut perlu melakukan suatu analisis terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan kegagalan dan kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha dan prospek ke depan usaha keripik buah Kressh serta melihat sejauh mana usaha ini dapat memberikan keuntungan bagi pelaku ekonomi baik dari aspek pasar dan pemasaran, finansial, teknis/operasi, manajemen dan organisasi, sosial ekonomi, maupun aspek AMDAL. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan kriteria penilaian investasi yaitu NPV , Net B/C , IRR , Payback Periode , dan Analisis Sensitivitas serta menganalisis kelayakan usaha Keripik Kressh pada aspek pasar dan pemasaran, finansial, teknis/operasi, manajemen dan organisasi, sosial ekonomi, maupun aspek AMDAL. Hasil penelitian dan hasil analisis dengan metode kriteria penilaian investasi dan metode deskriptif menghasilkan kesimpulan, yaitu usaha Keripik Kressh dari aspek pasar dan pemasaran, finansial, teknis/operasi, manajemen dan organisasi, sosial ekonomi, maupun aspek AMDAL untuk saat ini dan 10 tahun ke depan dapat dikatakan “layak” . Secara umum usaha ini memberikan keuntungan baik pada pihak pengusaha masyarakat sekitar yang menjadi tenaga kerja, dan pemerintah, serta tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan di sekitar tempat usaha. Hal ini disimpulkan karena adanya keuntungan yang dirasakan pengusaha, pemerintah, peningkatan kesempatan kerja, pemberdayaan masyarakat, dan pemerataan ekonomi sehingga memudahkan realisasi dari tujuan pembangunan ekonomi, yakni menciptakan kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya serta pemerataan pendapatan masyarakat. Hasil analisis memperlihatkan angka diatas batas yang telah ditentukan sehingga usaha ini layak untuk dilanjutkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/74/051000497
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Feb 2010 14:19
Last Modified: 18 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105016
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Isi.pdf]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_baru.pdf]
Preview
Text
COVER_baru.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKSI,_di.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI,_di.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item