Keunggulan Kompetitif Dan Keunggulan Komparatif Dalam Penerapan Strategi Pemasaran Pada KSU BROSEM Di Kota Batu

RodhiyaHusin (2010) Keunggulan Kompetitif Dan Keunggulan Komparatif Dalam Penerapan Strategi Pemasaran Pada KSU BROSEM Di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh diresmikannya Kota Batu menjadi Kota Wisata Batu mendorong usaha oleh-oleh khas semakin berkembang. Perkembangan usaha oleh-oleh tersebut menyebabkan tingginya intensitas persaingan dalam industri minuman sari apel yang ada di Kota Batu. Untuk memenangkan persaingan tersebut dibutuhkan suatu keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif dalam segi pemasaran. KSU BROSEM adalah pemain utama dalam persaingan tersebut dan merupakan satu-satunya produsen yang berbentuk koperasi. Dalam penelitian pendahuluan ditengarai terdapat masalah yaitu perumusan strategi pemasaran yang masih bersifat tacit dan strategi pemasaran yang dilakukan selama ini kurang efektif dalam pencapaian tujuan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang telah dikembangkan selama ini, keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif serta strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan pada masa yang akan datang pada Koperasi Serba Usaha BROSEM di Kota Batu Penelitian ini dilakukan kepada beberapa informan, yaitu: komisaris, ketua, manajer, pengawas produksi, pengawas toko, sales, agen dan konsumen KSU BROSEM. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam yang dipandu dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif atau lebih spesifik menggunakan model interaktif. Penelitian ini mengecek keabsahan temuan dengan cara pengecekan kredibilitas, transferabilitas, dependenbilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian mengambarkan bahwa strategi pemasaran yang dikembangkan KSU BROSEM selama ini masih kurang khusunya di bagian promosi dan distribusi tetapi secara keseluruhan sudah mempunyai keunggulan di bidang produk dan bentuk usaha. Berdasarkan analisis matriks IE yang telah dilakukan KSU BROSEM terletak pada sel lima dimana strategi yang direkomendasikan di masa mendatang adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/738/051100233
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2011 14:34
Last Modified: 18 Oct 2021 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105014
[thumbnail of 051100233.pdf]
Preview
Text
051100233.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item