Penerapan Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Keripik Buah So Kressh CV. Kajeye Food Malang

MayaSulistyowati (2010) Penerapan Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Keripik Buah So Kressh CV. Kajeye Food Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang semakin banyak di kota Malang. UKM Keripik Buah So Kressh CV. Kajeye Food merupakan UKM keripik buah di kota Malang yang memproduksi berbagai pilihan keripik buah untuk dijadikan oleh-oleh khas Malang seiring dengan tumbuhnya kota Malang sebagai kota pariwisata dan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang telah dikembangkan dan yang akan diterapkan di masa mendatang, melakukan analisa SWOT dan mengetahui keunggulan bersaing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Keripik Buah So Kressh CV. Kajeye Food Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam. Penelitian ini dilakukan pada UKM Keripik Buah So Kressh CV. Kajeye Food Malang dengan alamat di Jalan Polowijen Gang II No. 359, Malang. Informan dalam penelitian dipilih dengan snowball sampling dimana informan dipilih setelah dikumpulkan informasi dari informan pertama, kemudian informan tersebut diminta untuk menunjuk beberapa orang lain yang dapat ditarik sebagai informan. Informan dalam penelitian ini meliputi pemilik usaha dan manajer pemasaran dari UKM Keripik Buah So Kressh CV. Kajeye Food Malang, lima pengecer dan sepuluh konsumen keripik buah So Kressh, serta seorang pegawai Dinas Koperasi dan UKM kota Malang. Data penelitian diambil dengan teknik wawancara yang dipandu dengan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dimana terdapat tiga kegiatan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran perusahaan kurang maksimal dan keunggulan bersaing mengarah pada strategi produk. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti perlu memberikan saran kepada UKM Keripik Buah So Kressh CV. Kajeye Food Malang agar lebih meningkatkan strategi pemasaran di masa mendatang sehingga dapat meningkatkan keunggulan produk UKM dalam persaingan yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/734/051100095
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2011 08:42
Last Modified: 18 Oct 2021 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105010
[thumbnail of 051100095.pdf]
Preview
Text
051100095.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item