Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Telepon Genggam Model Qwerty (Studi pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

RadetyaRahmatDS (2010) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Telepon Genggam Model Qwerty (Studi pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu karekteristik yang terjadi di abad 21 adalah terjadinya globalisasi bisnis. Globalisasi bisnis yang terjadi semakin merambah pasar dengan berbagai jenis produk dan jasa yang ditawarkan di pasaran. Pertumbuhan industri telepon bergerak (selular/handphone) kini mengalami dinamika yang sangat mengesankan. Kehadiran telepon genggam tanpa disadari telah mempengaruhi seluruh kehidupan masyarakat. Pasar di Indonesia dikagetkan dengan munculnya jenis telepon genggam tipe baru yaitu tipe Qwerty. Mengadopsi dari sebuah telopon jenis Qwerty merek Blackberry. Banyak perusahaan memproduksi model telepon genggam model Qwerty ini, dan berlomba-lomba memasuki pasar dan memenangkan persaingan. Salah satu cara terbaik memenangkan persaingan adalah dengan melaksanakan strategi bauran pemasaran dengan sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis varibel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi yang mempengaruhi keputusan pembelian produk telepon genggam model Qwerty pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research, yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini terdiri atas empat variabel bebas (X), antara lain variabel produk (X1), harga (X2), distribusi (X3), dan promosi (X4), serta satu variabel terikat yaitu keputusan pembelian konsumen (Y). Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penemuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengunakan regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil pengujian hipotesis I dengan menggunakan uji F dan uji t menunjukkan variabel produk (X1), harga (X2), distribusi (X3) dan promosi (X4), secara simultan dan parsial berbengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan untuk pengujian hipotesis II menunjukkan variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel produk (X1) dengan nilai standardized coefficients (beta) sebesar 0,334 atau 33,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/732/051100093
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2011 09:19
Last Modified: 18 Oct 2021 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105009
[thumbnail of 051100093.pdf]
Preview
Text
051100093.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item