Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Mengunjungi Museum Satwa Kota Batu : Studi pada Pengunjung Museum Satwa Kota Batu

AchmadWahyuTriharso (2010) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Mengunjungi Museum Satwa Kota Batu : Studi pada Pengunjung Museum Satwa Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial atas bauran pemasaran jasa yang terdiri dari tujuh variabel, yaitu : (1)produk (product), (2) harga (price), (3) promosi(promotion), (4) tempat (place), (5) karyawan (people), (6) proses (process) dan (7) bukti fisik (physical evidence) terhadap keputusan konsumen mengunjungi Museum Satwa Kota Batu. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dijelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel bebas yaitu produk, harga, tempat, promosi, karyawan, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan konsumen mengunjungi Museum Satwa Kota Batu. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji Fhitung dan Thitung. Untuk menganalisa data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), Karyawan (X5), Proses (X6), bukti fisik (X7) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Museum Satwa kota Batu (Y) dengan signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.621. sedangkan secara parsial, variabel tempat (X3) dan variabel promosi (X4) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Museum Satwa Kota Batu dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 2,036 dan 5,228, sedangkan variabel produk(X1), harga (X2), karyawan (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan, dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,368; 1,924; 1,222; - 0,611; dan 0,081. variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Museum Satwa Kota Batu yaitu variabel promosi (X4) dengan standardized coefficient beta sebesar 0,517

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/729/051100089
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2011 10:33
Last Modified: 18 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105005
[thumbnail of 051100089.pdf]
Preview
Text
051100089.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item