Analisis strategi keunggulan biaya ( Cost leadership) terhadap nilai perusahaan (firm value) manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

JohaniBrianAlpristhaMakatita (2010) Analisis strategi keunggulan biaya ( Cost leadership) terhadap nilai perusahaan (firm value) manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel keunggulan biaya yang meliputi beban pokok penjualan, beban usaha dan laba kotor terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel penelitian menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur pada periode Januari 2009 hingga September 2010 dengan data-data laporan keuangan triwulan yang mencukupi untuk digunakan sebagai sumber data. Jenis penelitian ini merupakan penelitian explanatory dan metode analisis kuantitatif yang digunakan untuk pengujian dan menjawab hipotesis penelitian adalah analisis regresi berganda (multiple regression). Analisis ini bermanfaat untuk menyatakan bentuk hubungan dan pengaruh variabel bebas (beban pokok penjualan, beban usaha, laba kotor) terhadap variabel tak bebas (nilai perusahaan) melalui persamaan regresi yang signifikan. Kesimpulan umum yang diperoleh adalah terdapat pengaruh searah secara keseluruhan yang diberikan oleh cost leadership terhadap nilai perusahaan. Hal ini memberikan makna bahwa semakin kuat posisi kepemimpinan biaya akan mendorong peningkatan nilai perusahaan bagi investor. Secara parsial beban pokok penjualan dan beban usaha yang menjadi proksi biaya dalam strategi cost leadership menunjukkan pengaruh yang berlawanan terhadap nilai perusahaan. Dengan demikian kemampuan perusahaan untuk mengefektifkan strategi melalui penekanan biaya lebih rendah akan mendorong peningkatan nilai perusahaan. Sementara itu laba kotor yang menjadi proksi cost leadership dalam hal kemampuan perolehan laba menunjukkan pengaruh searah dimana peningkatan laba kotor akan mendorong peningkatan nilai perusahaan.

English Abstract

The objective of research is to analyze the effect of the cost superiority variables such as sale principal expense, trade expense, and gross profit, on the firm value of the manufacturing firms listed at Indonesia Stock Exchange (BEI). Secondary data are used in the form of the manufacturing firms’ financial statement from January 2009 to September 2010 and their quarter financial statement as the supporting data. This research is explanatory research and quantitative analysis methods are used for the test and answer the research hypothesis is multiple regression analysis. This analysis is useful to indicate the relationship and influence of independent variables (sale principal expense, trade expenses, gross profit) to the dependent variable (firm value) through a significant regression equation. The general conclusion is that the entirely directional effect is given by cost leadership on firm value. It means that the higher position of cost leadership will improve the firm value toward investors. In partial, the sale principal expense and trade expense become the proxy of the cost in the cost leadership strategy, and show the adverse effect on firm value. The gross profit is the proxy of cost leadership in gaining the profit, showing the unidirectional effect in which the improvement of gross profit will increase firm value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/727/051100087
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2011 10:14
Last Modified: 18 Oct 2021 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105003
[thumbnail of 051100087.pdf]
Preview
Text
051100087.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item