Peran Intangible Resources pada Kinerja Perusahaan, Studi Pada Hotel Melati di Kota Malang

ErlyUlandari (2010) Peran Intangible Resources pada Kinerja Perusahaan, Studi Pada Hotel Melati di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hotel merupakan bagian integral dari usaha pariwisata yang sangat potensial untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan daerah. Salah satu kota di Jawa Timur yang sebagian besar pendapatannya berasal dari sektor perhotelan adalah kota Malang. Hotel menempati posisi kedua dalam kontribusi pendapatan daerah kota Malang. Hal ini mengindikasikan bahwa usaha perhotelan di kota Malang mampu berkembang dengan baik. Perkembangan perhotelan di kota Malang dapat dilihat pula pada perkembangan jumlah hotel dari tahun ke tahun dimana terjadi peningkatan secara kuantitas pada hotel melati. Hal ini menyebabkan tingkat persaingan diantara hotel melati sangatlah tinggi. Persaingan yang dihadapi tidak hanya persaingan diantara sesama hotel melati, melainkan juga persaingan dengan hotel berbintang. Untuk meningkatkan daya saing 37 hotel melati di kota Malang, diperlukan strategi yang tepat dalam menjalankan usaha perhotelan. Salah satunya dengan menggunakan strategi berbasis sumber daya (resources based view/RBV). Sumber daya yang berpotensi meningkatkan kinerja perusahaan adalah intangible resources meliputi kemampuan manajerial (managerial capabilities), modal manusia (human capital), budaya organisasi (organizational culture), reputasi organisasi (organizational reputation), audit internal (internal auditing), dan hubungan pekerja (labor relation). Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda didukung dengan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (multikolineritas, heteroskesdastisitas, dan normalitas), serta uji hipotesis (uji statistik F dan uji statistik t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kemampuan manajerial (managerial capabilities), modal manusia (human capital), budaya organisasi (organizational culture), reputasi organisasi (organizational reputation), audit internal (internal auditing), dan hubungan pekerja (labor relation) mempengaruhi kinerja hotel melati di kota Malang. Sedangkan secara parsial variabel modal manusia (human capital) tidak mempengaruhi kinerja hotel melati di kota Malang. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja hotel melati di kota Malang adalah budaya organisasi (organizational culture).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/718/051100078
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2011 08:49
Last Modified: 24 Oct 2021 11:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104993
[thumbnail of 051100078.pdf]
Preview
Text
051100078.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item