Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard : Studi kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

Simanjuntak, MagdaNovitriaT (2010) Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard : Studi kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan/program/kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi yang tertuang dalam strategic planning suatu organisasi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah alat pengukuran kinerja untuk mengevaluasi kegiatan/program sehingga dapat mencapai sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi tersebut. Balanced Scorecard merupakan sebuah alat ukur kinerja yang menyeimbangkan 4 perspektif di dalam sebuah organisasi yaitu pelanggan, keuangan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan Balanced scorecard sebagai alat ukur kinerja untuk sebuah fakultas yang merupakan satuan kerja dari universitas. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menilai kinerja Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (FE UB) secara menyeluruh dengan menggunakan metode Balanced Scorecard . Hasil dari penelitian ini memperlihatkan penerapan Balanced Scorecard pada FE UB sudah cukup baik. Secara keseluruhan kinerja dari FE UB sudah cukup baik dan perlu perbaikan-perbaikan dalam meningkatkan kualitas layanan sehingga visi dan misi dari FE UB dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/713/051100073
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 May 2011 09:36
Last Modified: 24 Oct 2021 11:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104989
[thumbnail of 051100073.pdf]
Preview
Text
051100073.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item