Penerapan Metode Economic Value Added (EVA) Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Setelah Akuisisi Yang Menerapkan Strategi Diversifikasi Berkait (Related Diversification) Dan Strategi Diversifik

FairousSilvia (2010) Penerapan Metode Economic Value Added (EVA) Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Setelah Akuisisi Yang Menerapkan Strategi Diversifikasi Berkait (Related Diversification) Dan Strategi Diversifik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada dasarnya tujuan perusahaan adalah memaksimalkan kekayaan para pemegang saham. Maka dari itu segala upaya dilakukan oleh pihak manajemen untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah pengembangan usaha, Akuisisi merupakan salah satu dari upaya pengembangan usaha. Kebanyakan perusahaan menerapkan strategi diversifikasi untuk meningkatkan nilai total dari perusahaan dan akuisisi merupakan salah satu motif perusahaan melakukan diversifikasi, namun penerapan strategi diversifikasi melalui akuisisi memiliki keuntungan tersendiri dari segi operasi ( operating advantage) dan dari segi finansial ( financial advantage) . Dimana operating advantage diciptakan oleh perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi berkait ( related diversification ) sedangkan financial advantage diciptakan oleh perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi tidak berkait ( unrelated diversification ). Sesuai dengan tujuan dari penelitian maka penelitian ini dilakukan pada perusahaan go public yang melakukan akuisisi pada tahun 2001 dan dihitung kinerjanya selama dua tahun yakni 2006-2007. Dengan menggunakan metode economic value added (EVA) untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan setelah akuisisi yang menerapkan strategi diversifikasi berkait ( related diversification ) dan strategi diversifikasi tidak berkait ( unrelated diversification ). Hasil penelitian dengan menggunakan metode EVA menunjukkan jika perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi tidak berkait ( unrelated diversification ) yakni PT Astra International Tbk menghasilkan nilai EVA yang negative, dan mengalami penurunan nilai pada periode selanjutnya meskipun nilainya tetap negatif sebesar Rp 9.885.932.629.608,97 maka tidak ada nilai tambah pada perusahaan . Pada perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi berkait ( related diversification ) terdapat dua perusahaan yakni PT Indofarma Tbk dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk menghasilkan nilai EVA yang positif maka telah terjadi penambahan nilai ekonomi ke dalam perusahaan. Sehingga dapat disimpulkan jika kinerja keuangan perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi berkait ( related diversification ) lebih baik daripada perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi tidak berkait ( unrelated diversification ), hal ini dilihat dari nilai EVA yang dihasilkan perusahaan sampel selama periode penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/71/051000494
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Feb 2010 15:13
Last Modified: 24 Oct 2021 11:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104985
[thumbnail of 051000494.pdf]
Preview
Text
051000494.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item