Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Wahana Hiburan Air : Studi Pada Ciputra Waterpark Surabaya, Jawa Timur

Ananta, IPutuSurya (2010) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Wahana Hiburan Air : Studi Pada Ciputra Waterpark Surabaya, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen dalam memilih wahana hiburan air pada Ciputra Waterpark Surabaya, serta variabel yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen memilih wahana hiburan Ciputra Waterpark Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory, dimana penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel bauran pemasaran jasa Ciputra Waterpark Surabaya yang terdiri dari Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Lokasi (X 3 ), Promosi (X 4 ), Orang (X 5 ), Proses (X 6 ), dan Bukti Fisik (X 7 ). Untuk menetukan jumlah responden, peneliti menggunakan pendapat Roscoe, dengan jumlah 80 responden yang merupakan pengunjung Ciputra Waterpark Surabaya. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Demi memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan bauran pemasaran jasa berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen , dengan nilai F hitung sebesar 7,661. Secara parsial bauran pemasaran jasa berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai t hitung sebesar 2,253 untuk produk (X1), nilai thitung sebesar 2,003 untuk lokasi (X3), nilai t hitung sebesar 2,216 untuk bukti fisik (X7) dan variabel lainnya yang tidak berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung masing-masing sebesar 0,717 untuk harga (X2), 0,471 untuk promosi (X4), 0,772 untuk orang (X5), dan 0,050 untuk proses (X6). Nilai ajusted R square sebesar 0.371. Variabel produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik mempunyai hubungan positif atau searah dengan keputusan konsumen . Variabel produk merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dalam mempertahankan dan meningkatkan bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/707/051100067
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 May 2011 10:52
Last Modified: 24 Oct 2021 11:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104982
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item