DityaPermatasari (2010) Analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal sebagai dasar penetapan strategi : Studi Kasus Pada RSUD dr. Iskak Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Membaiknya tingkat pendapatan dan sikap masyarakat kota Tulungagung yang semakin menyadari arti pentingnya kesehatan membuktikan bahwa kebutuhan akan pelayanan kesehatan pada masyarakat Tulungagung semakin meningkat. Tetapi di sisi lain, terdapat adanya persaingan untuk memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan tersebut. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya jasa pelayanan kesehatan lain, misalnya praktek dokter dan bidan, puskesmas, klinik-klinik kesehatan, pengobatan alternatif dan lain sebagainya. Dalam menghadapi persaingan yang ada maka RSUD dr. Iskak Tulungagung harus tanggap terhadap perubahan lingkungan dan para pesaingpesaingnya. Oleh karena itu perlu adanya analisis lingkungan baik lingkungan internal dan lingkungan eksternal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang dihadapi RSUD dr. Iskak Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis ETOP diketahui bahwa RSUD dr. Iskak Tulungagung memiliki lebih banyak peluang daripada ancaman, sedangkan dari hasil analisis SAP juga diketahui bahwa RSUD dr. Iskak Tulungagung memiliki lebih banyak kekuatan daripada kelemahan. Kekuatan internal yang dimiliki RSUD dr. Iskak Tulungagung ini dapat digunakann untuk memanfaatkan peluang yang ada dan untuk mengatasi ancaman yang muncul di masa mendatang. Berdasarkan analisis SWOT dapat diketahui bahwa RSUD dr. Iskak Tulungagung berada pada kuadran I yaitu strategi agresif yang menunjukkan bahwa perusahaan memiliki peluang yang besar yang dapat dimanfaatkan oleh RSUD dr. Iskak Tulungagung. Selain itu RSUD dr. Iskak Tulungagung juga memiliki kekuatan internal yang besar yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Dari analisis di atas alternatif strategi yang dapat digunakan oleh RSUD dr. Iskak Tulungagung adalah strategi pertumbuhan. Strategi pertumbuhan adalah strategi yang meningkatkan objektif lebih tinggi di kemudian hari dari tingkat objectif masa lampau. Strategi ini juga menghasilkan produk dan jasa yang utama atau dapat pula mengadakan tambahan jenis produk dan jasa tambahan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/698/051100010 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jan 2011 10:15 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 11:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104971 |
![]() |
Text
051100010.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |