Strategi Pemasaran Produk Jamur untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan : Studi Kasus pada PT. Suryajaya Abadiperkasa Probolinggo

StefanusAdeWijaya (2010) Strategi Pemasaran Produk Jamur untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan : Studi Kasus pada PT. Suryajaya Abadiperkasa Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, jamur merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup digemari karena dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Belum banyak industri makanan yang bergerak di bidang ini, sehingga jika ada industri makanan yang mengolah jamur, usaha ini akan memiliki prospek yang bagus. PT. Suryajaya Abadiperkasa adalah salah satu perusahaan yang menangkap peluang tersebut. Dalam memasarkan produknya, diperlukan strategi yang efektif dan tepat sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima oleh konsumen. Strategi pemasaran yang tepat dapat dijadikan sebagai keunggulan bersaing bagi perusahaan yang sulit disaingi oleh kompetitor. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik deskriptif menggunakan model interaktif. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan pengecekan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan serta peluang yang dimiliki oleh PT. Suryajaya Abadiperksa lebih besar jika dibandingkan dengan kelemahan serta ancaman yang dihadapi oleh PT. Suryajaya Abadipekasa itu sendiri. Oleh karena itu, seperti yang dijelaskan pada matriks SWOT, PT. Suryajaya Abadiperkasa disarankan untuk menjalankan strategi SO (Strength Opportunities). Dari hasil analisis SWOT dan analisis strategi pemasaran dapat diketahui bahwa PT. Suryajaya Abadiperkasa memiliki beberapa keunggulan bersaing jika dibandingkan dengan kompetitornya. Keunggulan bersaing yang dimiliki oleh perusahaan adalah produk jamur berkualitas, teknologi produksi modern, saluran distribusi luas, harga produk terjangkau, dan SDM yang berkompeten. Akan tetapi keunggulan bersaing yang dimiliki masih terlalu umum dan mudah untuk ditiru oleh perusahaan lain. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis memiliki beberapa saran bagi PT. Suryajaya Abadiperkasa yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/694/051100006
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2011 09:52
Last Modified: 24 Oct 2021 11:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104968
[thumbnail of 051100006.pdf]
Preview
Text
051100006.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item