Perumusan strategi pada UD. Lufas Collection : salah satu industri rumah tangga kerajinan kulit di Kabupaten Malang.

ReggiSenjangParamagarjita (2010) Perumusan strategi pada UD. Lufas Collection : salah satu industri rumah tangga kerajinan kulit di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu memberikan gambaran analisis tentang kondisi lingkungan perusahaan baik internal maupun eksternal. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang mana ini tidak dilakukan pengujian hipotesis, namun lebih bersifat penjelasan terhadap fenomena yang ada dengan mengembangkan konsep dan menghimpun fakta . Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat dilakukan oleh UD. Lufas Collection dalam upayanya untuk meningkatkan produktifitas dan profitabilitas perusahaan ditengah kondisi lingkungan yang dinamis dan cepat berubah. Pembahasan dalam penelitian ini mengacu pada konsep strategi Fred R. David yang mengungkapkan bahwa perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap masukan ( input stage ), tahap pencocokan ( matching stage ), dan tahap keputusan ( decision stage ). Pada tahap masukan, alat analisis yang digunakan adalah analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFA). Pada tahap ini akan dilakukan analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dimiliki perusahaan. Pada tahap pencocokan, alat analisis yang digunakan adalah Strength Weakness Opportunity Threath (SWOT), Strategic Positioning and Action Evaluation (SPACE), dan analisis Internal Eksternal (IE). Pada tahap ini, akan diketahui posisi perusahaan dalam industri dan alternatif startegi apa saja yang cocok bagi perusahaan.Untuk memilih satu strategi yang paling tepat diantara beberapa alternatif tersebut, maka dilakukan analisis lebih lanjut pada tahap keputusan. Pada tahap ini, alat analisis yang digunakan adalah Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisis, maka strategi yang sesuai adalah strategi pengembangan pasar. Strategi pengembangan pasar adalah sebuah strategi memperkenalkan produk yang ada kedaerah atau pasar baru yang belum tersentuh. Strategi pengembangan pasar sekiranya dapat menjawab permasalahan dan harapan UD. Lufas Collection, yaitu untuk meningkatkan produktifitas dan profitabilitasnya ditengah kondisi perubahan kondisi lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2010/660/051003837
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jan 2011 14:34
Last Modified: 24 Oct 2021 09:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104932
[thumbnail of 051003837.pdf] Text
051003837.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item